12 Rumah di Prambanan Terancam Tertimbun Longsor

Patricia Vicka    •    Selasa, 29 Nov 2016 18:53 WIB
longsor
12 Rumah di Prambanan Terancam Tertimbun Longsor
Longsor hampir menutup rumah di Prambanan, Sleman. Foto: Metrotvnews.com/Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Petugas Unit Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Sleman dibantu puluhan relawan bahu membahu membersihkan longsoran tanah di sejumlah desa di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. 

Sedari siang para petugas menyingkirkan gundukan tanah yang menutupi jalan desa, salah satunya jalan di Desa Gayamharjo, yang berada di perbatasan Yogyakarta dengan Klaten, Jawa Tengah.

Longsor melanda desa ini kemarin malam akibat guyuran hujan sejak Senin pagi. Para petugas menyingkirkan gundukan tanah di dekat rumah warga di Dusun Pangkah, Gayamharjo. 

Kepala Camat Prambanan Abu Bakar mengatakan longsor rutin terjadi di wilayah perbukitan di Prambanan, sebab wilayah ini masuk dalam peta rawan bencana. 

Longsor terparah terjadi di Dusun Pangkah Gayamharjo. Longsor terjadi di tebing setinggi 30 selebar empat meter. Setidaknya 12 rumah di desa ini terancam tertimbun longsor karena letaknya dekat dengan tebing. 

"Longsor di Desa Wukirharjo merobohkan tiga tiang listrik dan sejumlah pohon, sehingga menutup ruas jalan," kata dia saat meninjau ke lokasi longsor, Selasa (29/11/2016). 

Hadi Suwarno, salah seorang pemilik rumah, merasa terbantu dengan kegiatan tanggap bencana ini. Longsor terjadi persis di sebelah rumahnya, kemarin malam.

"Longsoran kemarin menutupi sebagian teras rumah saya. Sekarang sudah bersih karena siang tadi dapat bantuan warga dan BPBD," ujarnya. 

Pemkab dan BPBD Sleman mengimbau warga tetap siaga menghadapi longsor. Pemkab Sleman akan bersiaga membantu warga membersihkan longsor.


(UWA)