Pemprov DIY Kebut Pembuatan Peraturan soal Taksi online

Patricia Vicka    •    Jumat, 17 Mar 2017 13:21 WIB
transportasi berbasis aplikasi
Pemprov DIY Kebut Pembuatan Peraturan soal Taksi online
Desain stiker yang akan menjadi penanda transportasi online dan angkutan umum, MTVN - Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pemerintah Provinsi DI Yogyakarta mengebut peraturan yang mengatur operasional angkutan berbasis aplikasi alias taksi online. Peraturan bertujuan meredam gesekan antara pengemudi taksi online dan pengendara angkutan konvensional.

Salah satu yang disiapkan dalam peraturan yaitu identitas taksi online. Masyarakat dapat mengenali kendaraan yang beroperasi sebagai taksi online melalui stiker yang dipasang di kaca depan kendaraan.

Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan DIY Harry Agus Triono mengatakan tanda khusus berupa stiker yang dipasang di kaca depan kendaraan. Pemberian stiker merujuk pada revisi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 32 Tahun 2016.

"Jadi calon penumpang dan petugas bisa lebih gampang memantau taksi online," ujar Harry di Yogyakarta, Jumat 16 Maret 2017.

Harry mengatakan peraturan bakal rampung dalam waktu dekat. Ia menargetkan peraturan tersebut dapat disahkan sebelum pemerintah memberlakukan revisi Permenhub Nomor 32 Tahun 2016 pada 1 April 2017.

"Sehingga pemerintah dapat menyosialisasikan aturan sebelum pemberlakuannya," ungkap Harry.

Harry mengatakan masih menyusun rencana formula tarif taksi online. Formulanya mengacu pada tarif yang berlaku di taksi konvensional.

Penggodokan peraturan melibatkan sejumlah pihak. harry mencontohkan Organda dan kepolisian.


(RRN)