Meski Hujan, Laut Jepara Masih Aman untuk Pelayaran

Rhobi Shani    •    Kamis, 10 Nov 2016 15:10 WIB
cuaca buruk
Meski Hujan, Laut Jepara Masih Aman untuk Pelayaran
Pelabuhan Kartini, Jepara. Foto: MI/Akhmad Safuan

Metrotvnews.com, Jepara: Hujan dengan intensitas tinggi mulai mengguyur Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Meski begitu, wilayah perairan laut Jepara dan Karimunjawa masih aman untuk pelayaran barang maupun penumpang.
 
Kepala UPP Syahbandar Jepara Suripto menyampaikan, jika berkaca pada tahun lalu, memasuki pertengahan November gelombang tinggi dan angin kencang sudah melanda. Itu dampak dari musim angin barat. Namun, sampai saat ini kondisi perairan laut Jepara dan Karimunjawa masih aman.
 
“Rata-rata gelombang maksimal kurang dari satu meter dengan kecepatan angin 15 knot. Kalau di Karimunjawa disertai dengan gerimis,” ujar Suripto, Kamis (10/11/2016).
 
Jika memang kondisi cuaca kurang bagus, kata dia, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan segera memberi peringatan. Mengingat perairan laut Jepara merupakan jalur perlintasan pelayaran regional dan nasional.
 
“Yang sangat dikhawatirkan kapal penyeberangan dari Jepara ke Karimunjawa adalah gelombang dan kecepatan angin,” kata Suripto.
 
Jika kondisi gelombang dan angin di perairan laut Jepara tak bersahabat, Suripto menambahkan, kapal-kapal akan memilih berlindung di pulau-pulau kecil di perairan laut Jepara dan Karimunjawa. Seperti, di perairan Pulau Panjang. Namun, sampai saat ini belum nampak ada kapal yang berlindung.

“Jadi, pengalaman tahun lalu tidak bisa jadi patokan," ujarnya.
(UWA)