Polisi Berkuda Siap Amankan Liburan Akhir Tahun di Malioboro

Patricia Vicka    •    Jumat, 15 Dec 2017 17:20 WIB
tahun baru
Polisi Berkuda Siap Amankan Liburan Akhir Tahun di Malioboro
G dan Sandoka berpatroli bersama polisi di sekitar kawasan Maliobro, Yogyakarta -- medcom.id/Patricia Vicka

Yogyakarta: Polda DIY punya cara unik untuk menjaga keamanan saat liburan akhir tahun di kawasan Malioboro. Dua kuda impor diturunkan untuk berpatroli bersama polisi di sekitar kawasan legendaris itu.

Kordinator Polisi Berkuda AKP Adi Purnomo mengatakan dua kuda tersebut didatangkan khusus dari Belanda. Dua kuda akan berpatroli di kawasan Malioboro hingga Titik Nol Kilometer dan wilayah Keraton Yogyakarta.

"Keduanya (kuda) baru sampai di sini (Yogyakarta) minggu lalu," kata Adi di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Kamis, 13 Desember 2017.

Kuda berjenis Warmblood itu memiliki perawakan gagah, besar, dan tingginya nyaris dua meter. Masing-masing kuda bernama G (Ji) dan Sandoka itu didatangkan atas permintaan Mabes Polri.

Yogyakarta adalah wilayah keempat yang memakai kuda untuk berpatroli. Sebelumnya, Mabes Polri mengirimkan kuda ke Polda Jawa Tengah, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.

Adi menjelaskan, kuda sengaja dipakai di Yogyakarta untuk melestarikan budaya. Pasalnya, kuda masih banyak dipakai sebagai kendaraan umum dikawasan Malioboro.

"Untuk menarik perhatian wisatawa dan pengunjung juga. Bisa menambah daya tarik wisata di Malioboro," kata pria yang juga menjabat sebagai Kanit satwa Polda DIY ini.

Selain itu, tingginya tubuh kuda memudahkan polisi mengawasi kondisi sekitar. Kedua kuda ini pun siap melengkapi pasukan kemanan anjing pelacak (K9) milik Polda DIY.

Adi menambahkan, pemakaian kuda untuk patroli pernah dilakukan sekitar awal 2000-an. Namun, sempat ditiadakan karena kuda sudah pensiun.

Petugas yang menunggangi kedua kuda ini pun dilatih khusus oleh Mabes Polri. Hingga kini, baru ada enam personel di DIY yang bisa mengendarai kuda bule itu.

G dan Sandoka sudah mulai berkeliling Malioboro bersama petugas polisi sejak Rabu, 13 Desember 2017. Kehadiran dua kuda ini sontak menarik perhatian pengunjung Malioboro.

Wisatawan langsung menoleh begitu kedua kuda melintasi kawasan Malioboro. Beberapa anak kecil turut menunjuk sang Kuda dan meminta untuk berfoto. Sayangnya, kedua kuda tak bisa berhenti di pinggir jalan untuk melayani foto bersama.


(NIN)