Dua Warga Kulon Progo Meninggal Tertimbun Material Longsor

Ahmad Mustaqim    •    Kamis, 30 Nov 2017 16:07 WIB
banjirlongsor
Dua Warga Kulon Progo Meninggal Tertimbun Material Longsor
Dua jenazah korban longsor setelah terevakuasi. Medcom.id/Mustaqim

Kulon Progo: Dua warga Dusun Ngroto, Desa Pendoworejo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta ditemukan meninggal setelah menjadi korban longsor. Dua warga bernama Daladi Hadi Santoso, 40, dan Hery Siswadi, 30, tertimbun longsor pada Selasa, 28 November 2017. Keduanya baru bisa dievakuasi pada Kamis, 30 November 2017. 

Kepala Seksi Pencegahan Dan Kesiapsiagaan BPBD Kulonprogo, Hepi Eko Nugroho mengatakan evakuasi terhadap korban longsor berlangsung sejak 28 November 2017. Cuaca yang buruk dengan intensitas hujan tinggi membuat evakuasi tidak bisa berlangsung maksimal. Avakuasi tersebut melibatkan banyak personel, dari BPBD, SAR, kepolisian, hingga relawan. 

"Korban Daladi ditemukan sekitar pukul 9.00 WIB, sementara korban Hery ditemukan sekitar pukul 12.00 WIB," ujar Hepi di Kulon Progo pada Kamis, 30 November 2017. 

Longsor tersebut terjadi di rumah Daladi. Beruntung, dua orang di dalam rumah, Sapinah, 58, istri Daladi; dan putri Daladi, Nurhidayah, 24, bisa diselamatkan. 

Kepala Bidang Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto menyatakan proses evakuasi tak begitu berat. Namun, cuaca yang buruk menjadi hambatan di lapangan. 

"Tapi hari ini evakuasi dua korban telah selesai dan langsung dibawa ke RS Bhayangkara. (Jenazah) nanti akan diserahterimakan kembali kepada keluarga korban," kata dia. 

Hujan deras yang terjadi sepanjang Selasa, 28 November 2017, menyebabkan sejumlah bencana alam. Bahkan pada Rabu, 29 November 2017, masih terjadi hujan dengan berbagai intensitas. 

Catatan BPBD Kulon Progo, cuaca buruk Siklon Tropis Cempaka mengakibatkan 19 peristiwa longsor, 12 peristiwa pohon tumbang, dua titik banjir, serta dua titik rekahan tanah. 


(ALB)