Jokowi Berbagi Cerita Usaha Mebelnya ke Kaum Milenial

Roni Kurniawan    •    Senin, 18 Dec 2017 15:08 WIB
presiden jokowi
Jokowi Berbagi Cerita Usaha Mebelnya ke Kaum Milenial
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan inspirasi terhadap calon wirausahawan muda yang menhadiri acara Entrepreneurs Wanted (EW) 2017 di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Senin, 18 Desember 2017. Foto: Medcom.id/Roni

Bandung: Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan inspirasi terhadap calon wirausahawan muda yang menhadiri acara Entrepreneurs Wanted (EW) 2017 di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Senin, 18 Desember 2017. Bahkan Jokowi bercerita tentang usaha kayunya yang sudah dikirim ke beberapa negara di Asia dan Eropa.

Jokowi membeberkan perjuangan usahanya kepada kaum milenial yang menjadi peserta di acara EW 2017. Bahkan Jokowi pun membeberkan hambatan yang dihadapai saat mengurus berbagai perijinan terkait usaha kayunya.

"Saya tahu betul seluk beluk berusaha. Tahu betul cari modal awal, keliling-keliling mencari pembeli. Tahu betul mengurus perizinan yang rumit, mengisi SPT pajak, mengurus karyawan, dan juga mengurusi alat-alat produksi," ungkap Jokowi.

Jokowi mengaku, telah berkecimpung di dunia bisnis kayu selama 27 tahun yang terus dijalani hingga kini. Bahkan usaha kayu yang ditekunin Jokowi, telah terbang ke beberapa negara di Asia dan Eropa.

"Sampai sekarang masih hidup (usaha kayu). Sudah ekspor ke Eropa dan ke Asia," cetusnya.

Jokowi pun memberikan pesan terhadap ribuan calon wirausahawan terkait kiat-kiat untuk membuka usaha. Jokowi pun memberikan tips untuk mendapatkan calon investor sebagai penyokong dana untuk membuka usaha baru.

"Jadi, saya titip, belajarlah dari siapapun, dari mana pun, termasuk belajar dengan narasumber-narasumber yang ada. Tanyakan pada mereka, jangan takut gagal, jangan mudah menyerah. Jatuh, bangkit lagi," pungkas Jokowi.


 


(SUR)