PAN Menentukan Sikap di Pilgub Jateng pada Oktober

Mustholih    •    Senin, 02 Oct 2017 14:54 WIB
pilgub jateng 2018
PAN Menentukan Sikap di Pilgub Jateng pada Oktober
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Semarang: Partai Amanat Nasional (PAN) belum menentukan sikap politik pada pemilihan gubernur (pilgub) Jawa Tengah 2017. Partai berlambang matahari terbit itu sadar, tidak mungkin mengusung calon gubernur sendiri tanpa membangun koalisi.

"Pasti kita akan berkoalisi, karena posisi kita yang tidak memungkinkan. Kecuali PDI Perjuangan (yang bisa usung cagub sendiri)," kata Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Universitas Negeri Semarang, Senin 2 Oktober 2017.

Zulkifli mengaku, PAN sudah membangun komunikasi dengan beberapa partai, seperti PDI Perjuangan, Gerindra, dan PKB. Namun, hingga kini belum ada kesepahaman terkait calon yang layak diusung di pilgub Jateng 2018.

Menurut Zulkifli, pihaknya bakal berkoalisi dengan partai yang mengusung Ganjar Pranowo, Sudirman Said, atau Marwan Jakfar. "Kita sedang mensurvei masyarakat Jateng maunya yang mana. Pak Sudirman sosok yang bersih, pak Marwan berpengalaman di dunia politik, dan pak Ganjar incumbent," lanjutnya.

PAN, lanjut Zulkifli, akan menentukan sikap pada akhir Oktober 2017. "Oktober kita umumkan calon dari PAN," ungkapnya.

Sebagai informasi, PAN memiliki delapan kursi di DPRD Jateng. Sementara, syarat partai agar bisa mengusung cagub sendiri minimal harus memiliki 20 kursi.

Di DPRD Jateng, komposisi kursi tersebar pada PDI Perjuangan dengan 31 kursi, PKB 13 kursi, dan Gerindra 11 kursi. Sedangkan, PKS dan Golkar masing-masing memiliki 10 kursi, Partai Demokrat sembilan kursi, serta PAN dan PPP sama-sama mempunyai delapan kursi.


(NIN)