Pilgub Jateng 2017

Golkar Tawarkan Ariyanti Dewi sebagai Bakal Cawagub Jateng ke Koalisi

Mustholih    •    Selasa, 24 Oct 2017 19:58 WIB
pilkada 2018
Golkar Tawarkan Ariyanti Dewi sebagai Bakal Cawagub Jateng ke Koalisi
Ilustrasi Pilkada Jateng, MTVN - M Rizal

Metrotvnews.com, Semarang: Partai Golkar menjajaki kemungkinan berkoalisi dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018. Golkar membidik kursi wakil gubernur dengan mengusung Bendahara Dewan Pengurus Pusat Partai Golkar, Ariyanti Dewi.

"Jadi rekomendasi DPP adalah calon wakil gubernur. Calon gubernurnya dari partai lain. Saat ini, sedang dalam penjajakan dan pembicaraan antar DPP," kata Ketua Partai Golkar Jateng, Wisnu Suhardjono, di Semarang, Selasa 24 Oktober 2017.

Wisnu menegaskan Partai Golkar Jateng patuh dan tunduk dengan keputusan pengurus pusat partai beringin mengusung Ariyanti Dewi.

Wisnu mengaku tidak tahu partai-partai mana yang dipinang Golkar untuk bersedia menggandeng Ariyanti Dewi sebagai wakil Gubernur. Yang jelas, Golkar bakal membangun komunikasi dengan semua partai yang mengusung Calon Gubernur Jateng. 

"Nanti komprominya dengan siapa dan partai apa ya kita belum tahu. Itu DPP yang lakukan komunikasi," jelas Wisnu.

Wisnu mengakui sebenarnya berminat maju maju sebagai calon Gubernur Jawa Tengah. Namun, syaratnya pada Pilkada Jateng 2018 harus dibentuk dua koalisi besar yang bertarung merebutkan kursi Gubernur. 

"Kalau saya mau maju kalau terjadi dua koalisi.  Golkar cs dengan PDI Perjuangan cs. Kalau tidak mudah untuk DPP, enggak usah ikut dalam pertarungan," tegas Wisnu.

DPP Partai Golkar mengeluarkan rekomendasi bagi Ariyanti Dewi sebagai kandidat calon Wakil Gubernur Jateng. Golkar meyakini Ariyanti sebagai figur muda yang mampu mengkatrol perolehan suara partai hingga memperoleh 20 kursi DPRD Jateng pada Pemilu 2024.

Di Jawa Tengah, hanya PDI Perjuangan yang dipastikan mampu mengusung calon Gubernur. Namun, partai moncong putih ini belum mengeluarkan rekomendasi bagi kandidat yang akan menjadi calon Gubernur. Adapun PKB sudah merekomendasikan Marwan Jafar sebagai Calon Gubernur dan sampai saat ini sedang mencari partai koalisi.


(RRN)