Ini Penyebab Kaburnya Napi Lapas Pekalongan

Kuntoro Tayubi    •    Sabtu, 30 Dec 2017 13:44 WIB
tahanan kabur
Ini Penyebab Kaburnya Napi Lapas Pekalongan
Kepala Lapas Kelas IIA Pekalongan, M Hilal. (Medcom.id /Kuntoro Tayubi).

Pekalongan: Tujuh narapidana Lapas Kelas IIA Pekalongan kabur Jumat siang, 29 Desember, hingga Sabtu pagi, 30 Desember, dua napi belum bisa ditangkap. Keterbatasan jumlah petugas Lapas menjadi salah satu faktor penyebab kaburnya ketujuh napi. 

"Memang pengawasan dari petugas sangat minim sekali, karena jumlah napi jumlahnya terlalu banyak. Jumlah napi ada 834, sementara untuk petugasnya saat ini memang kurang. Tapi kami tidak bisa sebutkan berapa jumlahnya, yang pasti tidak sebanding," kata Kepala Lapas Kelas IIA Pekalongan, M.Hilal, saat ditemui wartawan, Jumat malam, 29 Desember 2017.

Baca: Data 7 Napi Kabur dari Lapas Pekalongan

Terkait dugaan keteledoran dan kelengahan petugas jaga, Hilal mengatakan masih mendalami dan meminta keterangan dari petugas yang saat itu bertugas. Dia menegaskan, akan menindak petugasnya jika terbukti lalai dalam bertugas.

"Pasti kami tindak. Kami akan periksa petugas di pos atas dan bimker (bimbingan kerja). Tentunya akan ada sanksi untuk petugas yang lalai," imbuhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, dari 7 napi yang kabur, 4 napi sudah ditangkap kembali oleh petugas kepolisian, 1 napi menyerahkan diri, sedangkan 2 napi masih dalam pengejaran petugas.

Saat ini, petugas dari Lapas, Polres Pekalongan Kota dan Sat Brimob Den B Pelopor Kalibanger, Pekalongan, masih melakukan upaya pencarian dan penyisiran di sekitar lokasi pelarian napi.


(ALB)