Dirujuk ke RS Jeddah, Satu Haji Tertunda Pulang

Pythag Kurniati    •    Kamis, 14 Sep 2017 18:27 WIB
haji 2017
Dirujuk ke RS Jeddah, Satu Haji Tertunda Pulang
ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Karanganyar: Satu orang haji asal Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, belum dapat dipulangkan bersama kelompok terbang. Sebab, haji bernama Siswo Suwito Asngari itu sedang sakit di Rumah Sakit Jeddah, Arab Saudi.

Kasubag Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Haji Solo, M. Afief Mundzir mengatakan,  haji tersebut tergabung dalam kloter 21.  Sedianya, haji berusia 61 tahun itu pulang ke Tanah Air bersama rombongannya pada Rabu, 13 September 2017 sore. Namun tim medis rumah sakit menyatakan kondisi Siswo belum sepenuhnya pulih.
"Ia menderita gangguan pernafasan," ujar Afief.

Siswo, lanjutnya, akan diterbangkan dengan kloter terdekat begitu kondisinya dinyatakan baik. "Dengan catatan ada rekomendasi dari dokter rumah sakit," jelasnya.

Hingga saat ini, PPIH Debarkasi Solo telah memulangkan 8.199 haji asal Jawa Tengah dan DIY. "Jumlah itu terbagi dalam 23 kloter," imbuh dia.

PPIH mencatat, ada 69 haji asal Jateng dan DIY yang meninggal. Rinciannya, satu orang meninggal di Asrama Haji Donohudan, dua orang meninggal di pesawat. "Kemudian sisanya wafat di Tanah Suci," ujarnya.


(ALB)