Besok, LKY Klarifikasi Kegiatan Keagamaan yang Janjikan Umrah

Patricia Vicka    •    Selasa, 29 Aug 2017 19:52 WIB
konsumen
Besok, LKY Klarifikasi Kegiatan Keagamaan yang Janjikan Umrah
Kantor Amanah di daerah Pathuk Kota Yogyakarta, MTVN - Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Lembaga Konsumen Yogyakarta (LKY) akan memanggil pemilik Majelis Talim Biro Umrah Amanah pada Rabu 30 Agustus 2017. LKY akan mengklarifikasi laporan yang menyebutkan Biro Umrah itu melakukan tindak pidana penipuan.

Sekretaris LKY Dwi Priyono mengatakan mendapat laporan warga yang menyebutkan biro melalukan penipuan. Biro itu diduga memberikan iming-iming untuk memberangkatkan warga umrah ke Tanah Suci.

Sekretaris LKY Dwi Priyono mengatakan pihaknya turut akan memanggil para korban majelis Ta'lim dan melakukan mediasi. "Kami akan panggil Kemenag DIY juga. Kami dudukkan semua pihak untuk saling berdiskusi mencari jalan keluar," kata pria yang akrab disapa Depe melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Selasa 29 Agustus 2017.

Ia menjelaskan Majelis Ta'lim melakukan usaha serupa biro umroh dan menawarkan paketan umroh kepada beberapa pihak. Namun hingga kini calon jamaah tak kunjung diberangkatkan. Hingga kini sudah ada 20 korban yang melaporkan majelis Ta'lim amanah ke LKY.

"Mereka yang lapor mengaku ada yang sudah daftar dari tahun 2015 seharusnya berangkat tahun 2016. Tapi sampai sekarang belum berangkat. Ada yang sudah minta uang kembali tapi belum diberikan," jelas Depe.

Depe memprediksi masih ada ratusan korban majelis Ta'lim yang belum berangkat namun belum melapor ke  LKY.

Sementara itu Pemilik Majelis Ta"lim Amanah, Yuli Astuti siap untuk memberi penjelasan kepada korban. Ia juga siap jika dipanggil LKY. "Saya siap bertanggung jawab. Jamaah yang belum berangkat akan kami berangkatkan,"katanya.


(RRN)