Beras Maknyuss Masih Dijual di Supermarket di Sleman

Patricia Vicka    •    Jumat, 28 Jul 2017 14:53 WIB
beras
Beras Maknyuss Masih Dijual di Supermarket di Sleman
Beras Maknyuss masih ditemukan di sebuah supermarket di Sleman, 28 Juli 2017, MTVN - vicka

Metrotvnews.com Yogyakarta: Beras merek Maknyuss yang diproduksi PT Indo Beras Unggul (IBU) masih ditemui di beberapa supermarket di Sleman, DI Yogyakarta. Di Supermarket Mirota, beras Maknyuss dengan kemasan 5 kilogram masih berjejer rapi di rak.

Sepekan lalu, Bareskrim Polri menyatakan PT IBU melakukan beberapa hal curang dalam jual beli beras. Satu diantaranya menekan petani untuk mendapatkan beras dengan harga di luar aturan.

Baca: Praktik Curang Jual Beli Beras PT IBU

Pantauan Metrotvnews.com, harga beras yaitu Rp80 ribu. Namun pihak supermarket memberikan potongan harga atau diskon sehingga beras dijual dengan harga Rp71 ribu.

Seorang karyawan supermarket mengatakan belum mendapat instruksi dari manajemen Mirota Pasar Raya terkait beras-beras itu. Sehingga supermarket tetap menjual beras Maknyuss.

"Setahu saya belum ada instruksi untuk menarik beras itu dari manajemen," kata perempuan yang enggan menyebutkan namanya itu kepada Metrotvnews.com, Jumat 28 Juli 2017.

Karyawan tersebut mengatakan manajemen menghentikan memasok beras Maknyuss sejak beberapa hari lalu. Saat ini, supermarket menjual beras untuk menghabiskan sisa stok di gudang.

"Tapi memang sejak ada masalah dengan PT IBU, beras ini kurang diminati," lanjutnya.

Supermarket Transmart di Jalan Solo juga masih menjual beras Maknyuss. Redho, karyawan, mengaku supermarket masih menjual beras tersebut namun saat ini stoknya sudah habis.

"Habis dari dua hari lalu. Saya tidak tahu kapan datang lagi," kata Redho.

Dari pantauan Metrotvnews.com, rak untuk beras Maknyuss kosong. Terdapat kertas bertuliskan harga beras di area tersebut yaitu Rp67 ribu per 5 kg.

Corporate Communications General Manager PT. Trans Retail Indonesia Satria Hamid, mengatakan masih menjual beras Maknyuss. Sebab, ia belum mendapat instruksi resmi dari pemerintah mengenai masalah yang terjadi pada PT IBU.

"Kita akan segera menarik produk  setelah ada perintah resmi dari pemerintah. Yang jelas pemerintah perlu ada ketegasan," katanya.

Lain lagi dengan supermarket Superindo di Jalan Kaliurang Km 6. Dito, karyawan Superindo, mengatakan tak menjual lagi beras tersebut. Manajemen menyimpan beras tersebut di gudang sejak tiga hari lalu. 

Lihat video:
 


(RRN)