Gaji DPRD DIY Naik Rp70 Juta

Patricia Vicka    •    Kamis, 07 Sep 2017 14:14 WIB
dprd
Gaji DPRD DIY Naik Rp70 Juta
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Peraturan Gubernur (Pergub) terkait kenaikan gaji anggota DPRD Yogyakarta tengah digodok. Para gaji anggota dewan dan pimpinan DPRD Yogyakarta segera naik menjadi berkisar Rp50 juta-Rp70 juta tiap bulan.

"Anggota dan ketua dewan DIY total pendapatan sekitar Rp50 juta-Rp70 jutaan,"kata Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Bambang Wisnu Handoyo di Yogyakarta, Kamis 7 September 2017.

Sebelumnya mereka hanya membawa pulang sekitar Rp25 juta-Rp40 juta per bulan. Kenaikan gaji dewan ini berlaku mulai September 2017.

Besaran tunjangan dan gaji tersebut terdiri dari tunjangan komunikasi intensif sekitar Rp15 juta per bulan atau lima kali lipat dari gaji Gubernur DIY yang hanya sebesar Rp3 juta. Tunjangan uang representasi nilainya diprediksi Rp2,2 juta-Rp3 juta dan uang paket sekitar Rp225 ribu-Rp300 ribu.

Selain itu, uang tunjangan jabatan juga naik menjadi sekitar Rp3.262.500-Rp4.350.000, tunjangan perumahan sekitar Rp17juta- Rp18,9juta, tunjangan transportasi senilai Rp14juta dan dana operational pimpinan dewan berkisar Rp7,5 juta-Rp12 juta.

"Kalau ketua dewan enggak dapat tunjangan transportasi karena sudah ada mobil dinas," terang pria yang akrab disapa BWH ini.

Pendapatan tinggi ini belum termasuk hitungan tunjangan alat kelengkapan, tunjangan beras, tunjangan keluarga dan tunjangan reses sebesar Rp15juta yang dilakukan tiga kali setahun.

Sekretaris Daerah Yogyakarta Gatot Saptadi mengatakan Pergub kenaikan gaji dewan kini tengah disusun oleh Biro Hukum Pemda DIY. Gatot menambahkan, kenaikan ini sesuai dengan perubahan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Hak administratif Pimpinan dan Anggota DPRD.

Perda turunan pun telah disahkan bulan lalu. Namun pencairannya menunggu rampungnya Pergub dan APBD Perubahan.

Ia menegaskan APBD DIY 2017 masih mampu untuk membayar kenaikan tunjangan dewan ini. Nantinya kenaikan gaji anggota dewan akan dibayar rapel usai Pergub disahkan.


 


(SUR)