Pedagang Pasar Gede Solo Gelar Upacara Bendera

Pythag Kurniati    •    Kamis, 17 Aug 2017 10:41 WIB
hut ri
Pedagang Pasar Gede Solo Gelar Upacara Bendera
Upacara bendera di Pasar Gede Hardjonagoro Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis, 17 Agustus 2017.

Metrotvnews.com, Solo: Hari ulang tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia tidak hanya diperingati oleh instansi-instansi dan sekolahan. Sejumlah pedagang di Pasar Gede Hardjonagoro Kota Solo, Jawa Tengah pun turut berpartisipasi merayakan peringatan kemerdekaan.

Mereka menggelar upacara bendera di halaman pasar. Upacara dimulai sekitar pukul 07.30 WIB. Peserta upacara terdiri dari pengelola Pasar Gede, paguyuban pengemudi becak dan para pedagang pasar.

Upacara juga diikuti masyarakat sekitar Pasar Gede, termasuk masyarakat keturunan Tionghoa yang bermukim di kawasan Kelurahan Sudiroprajan.

Lurah Sudiroprajan Dalimo menjelaskan, upacara di Pasar Gede membawa pesan kebinekaan. Lantarannya, masyarakat dari berbagai latar belakang berkumpul menjadi satu dan memberi penghormatan pada Sang Merah Putih.

Seperti diketahui bahwa kawasan Sudiroprajan dan Pasar Gede adalah kawasan yang sangat heterogen. "Namun nyatanya semua masyarakat bisa bekerja sama dengan baik," ungkap Dalimo, Kamis, 17 Agustus 2017.

Dalimo mengatakan, pesan kebinekaan yang diusung sejalan dengan amanat Gubernur Jawa Tengah yang dibacakan pada saat upacara bendera di Pasar Gede Hardjonagoro. "Yakni untuk menjaga persatuan dan kesatuan," katanya.

Sementara, Lurah Pasar Gede Hardjonagoro, Agus Suharto, memaparkan, upacara memperingati HUT RI rutin digelar setiap tahun di halaman Pasar Gede. "Karena rasa kebangsaan harus dimiliki oleh siapa saja, termasuk pedagang pasar," papar Agus.

Pasar Gede, lanjutnya, setidaknya ditempati oleh 987 pedagang. "Terdiri dari pedagang kios dan pelataran," katanya.

Salah seorang pedagang Pasar Gede, Tarmi mengaku senang bisa mengikuti upacara bendera pada 17 Agustus 2017. "Meski tidak memakai seragam, kami tetap ikut merayakan HUT RI di sini dengan hati bahagia," tutur dia.

Pasar Gede merupakan salah satu bangunan bersejarah di Kota Solo. Pasar yang dirancang oleh arsitek asal Belanda bernama Thomas Karsten ini berdiri sekitar tahun 1930.


(SAN)