17 Kementerian akan Tangani WNI Eks ISIS

Pythag Kurniati    •    Senin, 26 Sep 2016 14:35 WIB
terorisme
17 Kementerian akan Tangani WNI Eks ISIS
Kepala BNPT Komjen Suhardi Alius di Polokarto, Sukoharjo

Metrotvnews.com, Sukoharjo: Sedikitnya 500 warga negara Indonesia akan dipulangkan ke Tanah Air dari Suriah. Mereka bakal menjalani sejumlah program deradikalisasi oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama kementerian terkait.

Hal tersebut dikemukakan Kepala BNPT Komjen Suhardi Alius usai menyerahkan bantuan ke Ponpes Ulul Albab, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Senin (26/9/2016).

“Kita ada kerja sama dengan 17 kementerian. Nanti, berada di bawah pengelolaan BNPT,” ujar Suhardi.

Suhardi menyebut penanganan secara lintas sektoral dianggap jauh lebih efektif dan efisien. Misalnya, bicara soal ayat, ada dari Kementerian Agama. Soal anak-anak termarjinalkan, ditangani Kemendikbud. "Namun, secara terintegrasi di bawah BNPT. Tidak parsial,” paparnya.

Sedangkan saat ini, BNPT juga tengah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan Imigrasi. Mengenai berapa banyak jumlah warga yang mulai kembali dari Suriah ke Indonesia, Suhardi menyebut ada sekitar 500 WNI.

“Mungkin ada sekitar 500 orang. Namun masih kami data, angka pastinya nanti akan kita informasikan,” jelasnya.

Sebelumnya BNPT menyampaikan ratusan Warga Negara Indonesia diduga bergabung ISIS yang berada di Suriah telah mulai kembali ke Indonesia. Dari 500 orang yang dianggap foreign terrorist fighters (FTF) tersebut, 69 di antaranya sudah meninggal.


(SAN)