Rekayasa Lalin Saat Pembukaan PON Di Stadion GBLA

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Sabtu, 17 Sep 2016 06:46 WIB
pon 2016
Rekayasa Lalin  Saat Pembukaan PON Di Stadion GBLA
Ilustrasi rekayasa lalu lintas. (Foto: MI/Galih Pradipta).

Metrotvnews.com, Bandung: Sejumlah rekayasa lalu lintas (lalin) akan dilakukan Kepolisian untuk mengantisipasi kepadatan di jalan menuju Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) saat pembukaan Pekan Olah Raga Nasional (PON) ke XIX.

Kasat Lantas Polrestabes Bandung AKBP Asep Pujiyono mengatakan, kendaraan-kendaraan yang digunakan masyarakat akan diarahkan ke sejumlah kantong-kantong parkir yang telah disediakan Dinas Perhubungan.

"Mengantisipasi kepadatan di jalur Cimencrang-GBLA, tidak ada yang masuk Cimencrang kecuali kontingen. Itu pun menggunakan sejumlah bus yang sudah disiapkan," ujarnya kepada wartawan di Mapolrestabes diberitakan di Bandung, Sabtu (17/9/2016).

Asep menuturkan, kantong-kantong parkir yang telah disediakan seperti tempat pengujian kendaraan (KIR) Dinas Perhubungan Kota Bandung. Selain itu, pemusatan area parkir akan dilakukan di jalur lambat jalan Soekarno-Hatta.

"Parkir di jalur lambat yaitu yang ke arah timur mulai dari Pasar Gedebage sampai ke Panyileukan sekitar tiga kilometer (km). Selain itu, ada juga yang depan Mapolda Jabar," tuturnya.

Selanjutnya, pengalihan arus lalu lintas dilakukan apabila terjadi kepadatan arus yang kemungkinan terjadi di jalur cepat karena pemusatan parkiran tersebut.

"Kalau ternyata di Cibiru mentok, maka akan ada pengalihan arus melalui jalur kecil menuju Ujungberung yakni Jalan Gempol. Kalau masih padat, baru diarahkan ke Jalan Rumah Sakit," paparnya.

Hal senada disampaikan Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Winarto yang menegaskan kendaraan yang melintas Jalan Soekarno-Hatta Bandung akan dialihkan ke jalur cepat. Sedangkan jalur lambat akan digunakan sebagai tempat parkir.

"Parkir hanya di jalur lambat saja. Nanti kendaraan yang melintas di Jalan Soekarno-Hatta dialihkan ke jalur cepat semua," pungkasnya.


(HUS)