Tanah Bergerak Intai Rumah Penduduk Cilacap

   •    Selasa, 11 Oct 2016 14:58 WIB
longsor
Tanah Bergerak Intai Rumah Penduduk Cilacap
Foto ilustrasi. (Ant/Dhedez Anggara)

Metrotvnews.com, Cilacap: Fenomena tanah bergerak mengintai permukiman warga RT 08 RW 01 Desa/Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Tanah ketinggian 125 meter dengan kemiringan 35 derajat mengalami pergeseran sehingga mengancam perumahan penduduk.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap Tri Komara Sidhy, dikutip Antara, Selasa, 11 Oktober, mengatakan, ada delapan rumah yang terancam tanah bergerak.

Menurut dia, panjang retakan tanah tersebut mencapai 150 meter dengan lebar berkisar 10-50 meter. Ia mengatakan, pergeseran tanah saat ini mencapai 2 meter dengan kedalaman 1,5 meter. Sedangkan ketinggian tanah 125 meter dengan kemiringan 35 derajat.

"Jarak tanah bergerak dengan pemukiman sekitar 75 meter dan mengancam delapan rumah yang dihuni 40 jiwa. Saat di lokasi masih ada pergeseran tanah," katanya.

Ia mengatakan, jalan di lokasi tersebut merupakan penghubung dua desa, yakni Cipari dan Mulyadadi. Oleh karena itu, kata dia, perlu ada tindak lanjut dengan dinas terkait untuk mengantisipasi dampak tanah bergerak tersebut.

"Warga yang terancam diimbau waspada dan mengungsi pada saat terjadi hujan yang cukup deras," katanya.


(SAN)