Pedestrian Malioboro Dekat Pasar Kembang Direvitalisasi Tahun Depan

Patricia Vicka    •    Selasa, 18 Apr 2017 16:54 WIB
yogyakarta
Pedestrian Malioboro Dekat Pasar Kembang Direvitalisasi Tahun Depan
Revitalisasi pedestrian di depan Gedung Agung Yogyakarta -- MTVN/Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta akan mulai merevitalisasi pedestrian sisi barat kawasan Malioboro di awal 2018. Pembongkaran pesestrian sisi barat dilakukan usai revitalisasi di kawasan Pasar Beringharjo dan Gedung Agung selesai.

Nantinya pedestrian sisi barat akan ditata dan diubah menyerupai sisi timur. Lantai pedestrian akan dibongkar dan dipasang traso. Sepanjang pedestrian juga bakal dipercantik dengan furniture dan ornamen berciri khas Yogyakarta  

"Revitalisasi tahap ketiga akan dimulai dari sisi utara yang dekat jalan Pasar Kembang ke arah Selatan di seberang Pasar Beringharjo," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (PUP ESDM) DIY Rani Sjamsinarsih, Selasa, 18 April 2017.

Menurut Rani, revitalisasi dibiayai dari Dana Keistimewaan tahun 2018 dengan besaran sekitar Rp16 miliar hingga Rp17 miliar.

Selain mempercantik pedestrian sisi barat, Pemda akan menambah toilet bawah tanah di depan Taman Pintar. Pembangunan toilet bawah tanah dibarengi dengan pembangunan penyeberangan bawah tanah.

"Kami akan bangun penyeberangan bawah tanah yang ada toiletnya juga. Jumlah dan spesifikasinya sama seperti toilet di depan Bank Indonesia," katanya.

Saat ini, lanjut Rani, pihaknya terus mengawasi proses pengerjaan revitalisasi tahap kedua kawasan Malioboro di depan Pasar Beringharjo hingga titik nol kilometer agar selesai sesuai jadwal. Pemda menargetkan revitalisasi tahap kedua selesai November 2017.

Pelaksana lapangan proyek revitalisasi Malioboro tahap kedua Ery Purnomo menjelaskan, pengerjaan sudah memasuki tahap pengecoran lantai dengan semen.

Pantauan Metrotvnews.com, pedagang kaki lima di pedestrian Pasar Beringharjo sudah bisa berjualan. Namun, pada 25 April, para PKL akan kembali meliburkan diri.

"Kami mau pasang traso dan fabrikasi. Pedagangan akan libur lagi sekitar dua minggu hingga satu bulan," pungkas Eri.

Sementara, di depan Pasar Sore dan Gedung Agung sepi PKL. Mereka meliburkan diri karena lantai pedestrian sedang dicor.


(NIN)