Dalang Wayang Kancil Mbah Ledjar Meninggal Dunia

Ahmad Mustaqim    •    Minggu, 24 Sep 2017 02:38 WIB
wayang kancilmeninggal dunia
Dalang Wayang Kancil Mbah Ledjar Meninggal Dunia
Supriantoro menunjukkan foto ayahnya, Ledjar Subroto saat memegang wayang kancil di rumah duka Jalan Mataram, Nomor 130, Suryatmajan, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, Sabtu 23 September 2017. Foto: Ah,ad Mustaqim.

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Ledjar Subroto, seniman wayang asal Yogyakarta meninggal dunia pada Sabtu, 23 September 2017. Seniman wayang kancil ini meninggal pada usia ke-79.

Putri kedua Ledjar Subroto, Sulastri mengatakan ayahnya meninggal tanpa disertai indikasi mengidap penyakit. Namun, dalam beberapa pekan terakhir Ledjar sudah tidak begitu fit untuk beraktivitas di luar rumah.

“Biasanya karena sudah jarang ndalang ya, hanya duduk dan tiduran di rumah. Kalau jam makan ya kami ingatkan,” ujar Sulastri saat ditemui di rumah duka, Jalan Mataram, Nomor 130, Suryatmajan, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, Sabtu malam.

Akan tetapi, pagi tadi Sulastri melihat Ledjar dalam kondisi lemah. Ia juga sempat meminta Ledjar untuk makan jenang atau bubur, namun ditolak. Sulastri merasa khawatir kondisi ayahnya lantaran hampir semalaman tidak tidur.

“Tadi pagi makan tidak mau, minum tidak mau. Hanya tiduran di kursi. Bapak tidak mengeluh sakit juga,” ungkap Sulastri.

Sekitar pukul 11.00 WIB, Sulastri menyambungkan telepon cucu Ledjar, Ananto Wicaksono, 32, yang ada di Jepang. Akan tetapi, Ledjar tak bergeming. Merasa khawatir, Sulastri bersama keluarga memutuskan membawa ayahnya ke Rumah Sakit Panti Rapih.

“Di perjalanan masih nafas. Setelah masuk IGD dan mendapat bantuan alat nafas, bapak meninggal pukul 11.55 WIB,” jelas Sulastri.

Sementara itu menantu Ledjar, Lasito mengatakan, ayahnya sudah sulit makan dalam rentang waktu tiga bulan terakhir. Ia tak bisa memastikan penyebabnya. Ledjar hanya akan makan jika ada yang menyuapi.

“Bapak sudah berhenti merokok juga sejak istrinya meninggal, sekitar tahun 2012,” ungkap Lasito.

Seniman Ledjar Subroto yang lahir di Wonosobo, Jawa Tengah, 20 Mei 1938. Almarhum meninggalkan tiga orang anak, empat cucu, dan seorang cicit. Keluarga berencana memakamkan jenazah Ledjar di makam seniman di Imogiri, Bantul pada Minggu 24 September 2017 pukul 13.00 WIB.
(DEN)