530 Pelari Ambil Bagian pada `Sleman Temple Run`

Ahmad Mustaqim    •    Sabtu, 15 Jul 2017 16:15 WIB
lomba lari
530 Pelari Ambil Bagian pada `Sleman Temple Run`
Tebing Breksi di Sleman, Yogyakarta -- MTVN/Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Sleman: Sebanyak 530 pelari dipastikan ambil bagian pada `Sleman Temple Run` di Tebing Breksi, Prambanan, Sleman, Yogyakarta, pada Minggu 16 Juli 2017. Dari ratusan pelari, ada sejumlah peserta dari mancanegara.

"Ada dari Amerika, Australia, Malaysia, dan Singapura," kata Kepala Seksi Analisa Pasar, Dokumentasi, dan Informasi Pariwisata Dinas Pariwisata Sleman Kus Endarto, Sabtu 15 Juli 2017.

Kus menjelaskan, `Sleman Temple Run` adalah lari lintas alam yang dimulai dari Tebing Breksi. Ada dua kategori pada event ini, yakni jarak 13 kilometer dan 25 kilometer.

"Pesertanya juga ada sejumlah kategori. Ada ketegori umum dan TNI/Polri. Even tersebut akan dimulai pukul 06.00 WIB," ujar Kus.

Di sepanjang rutenya, pelari bakal melewati candi-candi yang ada di kawasan Prambanan. Panitia menyediakan hadiah senilai total Rp75 juta.

"Even ini sudah berjalan sejak 2015. Ini menjadi agenda tahunan di Tebing Breksi," ucapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Sleman Sudarningsih menambahkan, Bupati Sleman Sri Purnomo direncanakan membuka acara tersebut. Tak sekadar membuka acara, ia juga akan ikut berlari.

Sudarningsih menuturkan, `Sleman Temple Run` menjadi agenda sport tourism yang akan terus dikembangkan. Agenda ini bersinergi dengan sejumlah instansi seperti Dinas Pemuda dan Olahraga, KONI, komunitas olahraha, serta elemen masyarakat.

"Melalui sinergi ini, diharapkan Sleman dapat menjadi salah satu destinasi sport tourism, khususnya olahraga lari di Daerah Istimewa Yogyakarta," pungkasnya.


(NIN)