Warga Tegal Tuding Proyek Tol Rusak Jalan Desa

Kuntoro Tayubi    •    Kamis, 13 Jul 2017 19:39 WIB
tol
Warga Tegal Tuding Proyek Tol Rusak Jalan Desa
Sejumlah pengendara melintas di antara debu di jalan Singkil-Gumalar, Tegal, Jawa Tengah. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Tegal: Ruas Jalan Singkil-Gumalar, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah dipenuhi debu. Aspalnya sudah banyak yang mengelupas. Jalan sepanjang sekitar 1,5 kilometer itu juga dipenuhi lubang berdiameter cukup besar. 

Warga setempat menyebut kerusakan jalan lantaran imbas truk pengangkut material proyek Jalan Tol TransJawa. Warga menuturkan, banyak kecelakaan akibat jalan rusak.

"Yang sering terjadi pengendara sepeda motor roda dua, mereka tidak melihat kalau ada lubang karena tertutup debu,” tutur Nursidik, warga Desa Gumalar, Kamis, 13 Juli 2017.

Nursidik, yang juga anggota DPRD Tegal itu menyebut jalan itu merupakan akses utama masyarakat Desa Gumalar, Pedeslohor, dan beberapa desa lainnya yang berada di barat Kecamatan Adiwerna. Dia berharap jalan segera diperbaiki. Minimal, disemprot air.

Humas PT Waskita Karya selaku pelaksana proyek jalan tol Trans Jawa di seksi III dan IV (Brebes-Tegal-Pemalang), Narendra Aryo Bramastyo, mengaku sudah melakukan penyemprotan air di sekitar lokasi. Jika ada yang tertinggal, kemungkinan karena armada yang tidak memadahi.

"Kami sudah melakukan penyemprotan air. Sedangkan jalan yang rusak, nanti akan kita perbaiki," ucapnya singkat.


(SAN)