Pengunjung Rutan Jepara Membludak, Hari Besuk Lebaran Ditambah

Rhobi Shani    •    Kamis, 29 Jun 2017 16:23 WIB
idul fitrirutanramadan 2017
Pengunjung Rutan Jepara Membludak, Hari Besuk Lebaran Ditambah
Keluarga warga binaan Rutan Jepara membesuk anggota keluarga yang ditahan.

Metrotvnews.com, Jepara: Selama musim lebaran jam besuk di Rutan Kelas IIB Jepara, Jawa Tengah, diperpanjang. Jika pada hari biasa jam besuk dimulai pukul 09.00 WIB sampai 13.00 WIB, pada musim lebaran kali ini mulai pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB. Jam besuk khusus lebaran ini berlaku selama sepekan, terhitung mulai Minggu, 25 Juni 2017.
 
Kepala Rutan Kelas IIB Jepara Slamet Wiryono menyampaikan, pada umumnya jam besuk khusus lebaran hanya berlaku selama tiga hari. Namun, pihaknya memberlakukan selama tujuh hari lantaran banyaknya masyarakat yang hendak membesuk anggota keluarga yang jadi warga binaan Rutan Jepara. Dalam sehari, jumlah pembesuk mencapai 200 orang lebih.
 
“Jam besuk lebaran ini kami berlakukan selama seminggu, kalau di rutan-rutan lainnya hanya tiga hari. Kelihatannya, puncak kunjungan keluarga warga binaan kemarin, tercatat ada 748 orang yang berkunjung,” ujar Slamet, Kamis 29 Juni 2017.
 
Agar tidak terjadi antrean pembesuk pihaknya membatasi durasi kunjungan. Setiap anggota keluarga warga binaan hanya diberi kesempatan waktu bertemu 15 menit. Slamet tidak membatasi jumlah anggota keluarga yang hendak membesuk warga binaan.
 
“Satu keluarga ada yang empat orang, ada yang enam orang. Untuk sementara, ruang besuk kami alihkan ke aula,” kata Slamet.
 
Meski jumlah pembesuk membludak, Slamet menegaskan, pihaknya tetap memperketat pengamanan. Baik di dalam Rutan maupun di luar Rutan. Termasuk, pemeriksaan barang bawaan keluarga warga binaan.
 
“Ada tiga tahapan pemeriksaan. Pertama metal detektor, pemeriksaan bawaan, dan pemeriksaan badan,” ucap Slamet.


(ALB)