Enam Kecamatan di Gunungkidul Dilanda Longsor

Ahmad Mustaqim    •    Rabu, 23 Jan 2019 17:13 WIB
tanah longsor
Enam Kecamatan di Gunungkidul Dilanda Longsor
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Gunungkidul: Enam titik longsor terjadi di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Rabu, 23 Januari 2019. Longsor ini terjadi akibat hujan sejak Selasa, 22 Januari 2019 hingga Rabu dini hari, 23 Januari 2019.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul mencatat, longsor terjadi di Kecamatan Ponjong, Nglipar, Gedangsari, Semin, Ngawen, dan Ponjong.

"Tiga peristiwa longsor terjadi kemarin. Pertama, longsor di Dusun Ngampelombo, Desa Sumbergiri, Kecamatan Ponjong. Longsor ini mempersulit akses jalan di desa tersebut lantaran tertutup material longsor," kata Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Edy Basuki saat dikonfirmasi.

Edy menjelasklan, longsor di Dusun Geger, Desa Pengkol, Kecamatan Nglipar pada kemarin. Longsor ini mengakibatkan tembok rumah seorang warga jebol. "Keluarga sementara mengungsi ke rumah saudara sambil nunggu pembersihan material longsor," jelas Edy.

Edy kembali mengatakan, longsor terjadi di Dusun Buyutan, Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari. Longsor di Kecamatan Gedangsari ini merusak dinding Musala setempat. 

Selain itu, tebing setinggi 30 meter di kecamatan tersebut juga longsor dan longsor di samping rumah warga bernama Mariyah. "Sisanya lagi longsor pada dini hari tadi. Tim reaksi cepat juga sudah bergerak membantu membersihkan material longsor," kata Edy. 

Edy menyatakan jika pihaknya masih melakukan pendataan dampak longsor tersebut. Ia menambahkan, sebanyak 32 titik rawan longsor telah dipasangi early warning system (EWS) di sebanyak tujuh kecamatan.

"Ada dua EWS yang rusak ringan akibat longsor di Desa Tegalrejo dan Watugajah, Kecamatan Gedangsari. Kerusakan ada di bagian aki. Kami coba cek untuk diperbaiki," pungkas Edy.


(DEN)