Polisi Kembali Menangkap Penyebar Hoaks Surat Suara

Kuntoro Tayubi    •    Selasa, 08 Jan 2019 10:56 WIB
hoax
Polisi Kembali Menangkap Penyebar Hoaks Surat Suara
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Brebes: Polisi kembali menangkap penyebar hoaks tujuh kontainer surat suara tercoblos pada gambar pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Pelaku yang diketahui berinisial J tersebut ditangkap di Brebes, Jawa Tengah akhir pekan kemarin.

Peran pelaku adalah menerima dan langsung menyebarkan informasi hoaks tersebut melalui aplikasi WhatsApp dan Facebook.

"Memang ada yang kami tangkap. Setelah diamankan, pelaku langsung di bawa ke Mapolres Brebes. Tersangka J ditangkap pada Sabtu malam, 5 Januari 2019 di sebuah rumah di Kecamatan Bumiayu." kata Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono saat dikonfirmasi Medcom.id, Selasa, 8 Januari 2019.

Baca: Tersangka Hoaks Surat Suara Dilepaskan

Aris menjelaskan, pelaku tidak ditahan karena polisi masih mengejar aktor utama hoaks tersebut, yakni pembuat atau kreator. Polisi telah mengantongi identitas kreator tersebut dan sedang mendalami lebih lanjut.

Menurut Aris, pihaknya tidak mau berspekulasi, karena harus menguatkan alat bukti yang dibutuhkan dalam penyidikan sampai pelimpahan berkas pemeriksaan ke jaksa penuntut umum (JPU).

Penyebarkan konten hoaks berinisial J di Brebes, saat ini ditangani oleh tim gabungan Polres Brebes dan Polda Jateng. Dua tersangka sebelumnya yakni HY dan LS telah diringkus pada Jumat, 4 Januari 2019, masing-masing di Bogor dan Balikpapan.


(DEN)