Jalur Utama Gunungkidul Padat Merayap

Ahmad Mustaqim    •    Selasa, 19 Jun 2018 12:21 WIB
kemacetan lalulintas
Jalur Utama Gunungkidul Padat Merayap
Kondisi lalu lintas di jalur utama menuju Kabupaten Gunungkidul, Medcom.id - Mustaqim

Gunungkidul: Jalur utama menuju Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta padat merayap. Banyak kendaraan wisatawan maupun pemudik yang menikmati libur lebaran. Hal itu juga tak lepas hampir berakhirnya masa cuti bersama. 

Kepadatan kendaraan terjadi di Jalan Wonosari di kawasan kecamatan Patuk berbatasan dengan Kabupaten Bantul sepanjang lebih dari 10 kilometer. Selain banyak kendaraan wisatawan, kepadatan juga dipengaruhi sejumlah kendaraan yang hendak keluar dari sejumlah toko oleh-oleh atau warung makan di sekitar lokasi itu. 

"Saat ini wisatawan mulai berangsur keluar dari Gunungkidul karena masa liburan lebaran para pegawai hampir selesai," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Gunungkidul, AKP Mega Tetuko, Selasa, 19 Juni 2018. 

Puluhan aparat kepolisian berjaga dan mengurai kepadatan kendaraan. Selain itu, ada sejumlah polisi yang memegang kayu untuk mengganjal ban mobil ya g tak kuat menanjak. 

Menurut Mega, wisatawan dan pemudik tak harus melewati Jalan Wonosari untuk menuju Gunungkidul. Jalur menuju Gunungkidul juga bisa melewati jalur jalan lintas selatan (JJLS). 

"Yang penting patuhi rambu lalu lintas di perjalanan. Ikuti arahan petugas jika memang terjadi kepadatan," katanya. 

Kepadatan jalan menuju Gunungkidul tak lepas dari daya tarik berbagai obyek wisata di lokasi tersebut. Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul memperkirakan sudah lebih dari 100 ribu wisatawan berwisata ke berbagai obyek wisata alam di Gunungkidul. 

Sejumlah obyek wisata di Gunungkidul di antaranya yakni pantai selatan, seperti Pantai Sepanjang, Baron, Kukup, Krakal, Indrayanti, dan Wediombo. Selain itu ada seperti Goa Pindul dan Gunung Api Purba Nglanggeran di Kecamatan Patuk. 

"Kira-kira sudah lebih dari 115 ribu kunjungan wisatawan. Dominasi memang masih di obyek wisata pantai yang kunjungannya sekitar 60 ribuan pengunjung," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Harry Sukmono. 



(RRN)