Surakarta Luncurkan Aplikasi Tambal Ban

Pythag Kurniati    •    Sabtu, 18 Aug 2018 12:36 WIB
aplikasi
Surakarta Luncurkan Aplikasi Tambal Ban
Kendaraan yang melayani tambal ban di Solo, Medcom.id - Pythag Kurniati

Solo: Pemerintah Kota Surakarta, Jawa Tengah, meluncurkan tambal ban berbasis daring. Kebijakan itu menjadi terobosan untuk menata pedagang kaki lima (PKL) di bidang tambal ban.

Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan kebijakan itu untuk mengakomodasi kebutuhan pemilik kendaraan yang mengalami persoalan di jalanan. Di tahap awal, tujuh kendaraan yang mengakomodasi tambal ban disiagakan.

"Tujuh kendaraan disebar di lima kecamatan di Solo," ungkap Rudy kepada wartawan, Sabtu, 18 Agustus 2018.

Masing-masing kecamatan mendapat alokasi satu kendaraan. Sedangkan bagi kecamatan besar, mendapat jatah dua kendaraan tambal ban daring.

Dalam hal ini, pemkot melibatkan pelaku PKL tambal ban di Solo. "Jadi hanya mengalihkan sistemnya menjadi daring," ujar dia.

Kendaraan-kendaraan tambal ban daring, lanjut Wali Kota Solo, bakal dipasangi GPS. Sehingga pengguna mampu mendeteksi keberadaan kendaraan tambal ban daring melalui aplikasi Solo Destination.

"Kalau ingin menghubungi dan memanggil, bisa juga melalui aplikasi itu (Solo Destination)," imbuhnya.

Guna melakukan terobosan ini, Pemkot menyiapkan Rp34,5 juta untuk satu kendaraan tambal ban yang telah dimodifikasi. Kendaraan tersebut digunakan secara gratis kepada para penambal ban yang telah didata oleh pemerintah kota.


(RRN)