SBY Ingin Demokrat Kembali di Pemerintahan

Ahmad Mustaqim    •    Senin, 09 Apr 2018 13:01 WIB
sbypartai demokrat
SBY Ingin Demokrat Kembali di Pemerintahan
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Bantul: Sinyal Partai Demokrat akan mengusung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi calon presiden 2019 menguat. Hal itu terlihat dalam acara pengukuhan pengurus DPD dan DPC Partai Demokrat DIY di Jogja Expo Centre (JEC) pada Senin, 9 April 2019. 

Dalam acara itu, sejumlah spanduk dukungan AHY mencalonkan diri sebagai calon presiden pada 2019 terpasang di sejumlah titik gedung. Bahkan juga dipasang di dalam ruangan acara. 

Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono tak mengatakan langsung akan kemungkinan majunya AHY. Ia hanya mengatakan akan berjuang dengan gigih untuk kembali di kursi pemerintahan. Ia meyakini bisa mewujudkan hal itu lewat Pemilu 2019 mendatang. 

"Kebijakan pro rakyat yang dulu ada selama 10 tahun saya memimpin harus dihidupkan kembali. Tak hanya dihidupkan tapi juga harus ditingkatkan," kata dia. 

Ketua DPD Partai Demokrat DIY, Heri Sebayang menyatakan dorongannya agar AHY maju dalam Pilpres 2019. Ia menilai, AHY menjadi salah satu kader terbaik Partai Demokrat saat ini. 

"Sekali lagi kita punya kader terbaik partai, AHY. Kita berdoa kepada Allah apa yang terbaik bagi kita," ucapnya. 

Selepas acara, AHY enggan menanggapi sejumlah dukungan itu. Ia hanya mengatakan dalam ranah politik segala hal bisa memungkinkan. Apakah hanya dua poros, katanya, atau ada poros ketiga. "Meskipun ini hal yang tidak mudah," ujarnya. 

Lelaki yang menjadi Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Pemenangan Pemilu 2019 Partai Demokrat, menambahkan, partainya masih melakukan pendekatan dengan partai politik lain untuk koalisi. Menurut dia, proses setahun jelang Pemilu 2019 bisa menjadi waktu yang cepat untuk proses politik. 

"Koalisi menjadi keniscayaan. Saat ini masih pendekatan. Saling membangun kecocokan dan kepercayaan," cetusnya. 


(ALB)