Hari Pertama Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2019, KPU Kota Semarang Sepi

Mustholih    •    Selasa, 03 Oct 2017 18:28 WIB
pemilu serentak 2019
Hari Pertama Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2019, KPU Kota Semarang Sepi
ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Semarang: Komisi Pemilihan Umum Kota Semarang hari ini resmi membuka pendaftaran partai politik peserta Pemilu 2019. Ketua KPU Kota Semarang, Henry Wahyono, menyatakan belum ada satu partai pun yang mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu pada hari pertama pendaftaran.

"Hari ini sudah masuk tahapan pendaftaran parpol 2019, tapi sampai saat ini belum ada yang mendaftar," kata Henry di Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 3 Oktober 2017.

Meski begitu sambung Henry, KPU sudah mensosialisasikan pendaftaran partai politik peserta Pemilu pada Sabtu, 30 September 2017. Hal itu dilakukan agar semua pimpinan partai di Semarang bisa segera mendaftar. 

Menurut Henry, biasanya partai-partai baru mendaftar pada pertengangan hingga hari terakhir masa pendaftaran. "Parpol biasanya akan mendaftar di pertengahan dan akhir, sambil menunggu kesiapan mereka," tegas Henry.

Pendaftaran partai politik peserta Pemilu 2019 dibuka sejak 3 hingga 16 Oktober 2017. Henry menambahkan semua partai baik lama atau baru wajib mendaftar ke KPU apabila ingin bertarung pada 2019.

Namun, kata Henry, bagi partai lama tidak wajib menjalani ketentuan verifikasi secara faktual.

"Partai lama 2014, sesuai ketentuan tidak diverifikasi secara faktual. Verifikasi faktual untuk partai baru," tegas Henry.



(ALB)