Kahiyang-Bobby Jalani Prosesi Sebelum Pernikahan

Ahmad Mustaqim    •    Senin, 06 Nov 2017 20:00 WIB
jokowi mantu
Kahiyang-Bobby Jalani Prosesi Sebelum Pernikahan
Widarsi, MC di acara midodareni di kediaman Presiden Jokowi Selasa malam (Foto:

Metrotvnews.com, Jakarta: Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu akan menjalani sumpah janji suci pernikahan pada Rabu, 8 November 2017. Sebelum melaksanakan prosesi itu, keduanya dijadwalkan melangsungkan sejumlah prosesi lain pada Selasa, 7 November 2017. 

Prosesi pertama yakni, keduanya akan menjalani siraman di lokasi terpisah. Bobby akan menjalani prosesi siraman di Hotel Alila Jalan Slamet Riyadi, Solo, sedangkan, Kahiyang menjalani siraman di kediaman Presiden Jokowi di Jalan Kutai Utara, Desa Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo. Prosesi siraman dilakukan bersamaan sekitar pukul 9.00 WIB. 

Selain siraman, juga ada prosesi midodareni yang dilakukan di rumah Presiden Jokowi pada malam harinya. Salah satu MC dalam acara midodareni, Widarsi mengatakan, midodareni adalah prosesi orang tua pengantin perempuan menanyakan kesiapan anaknya untuk mengarungii bahtera rumah tangga. 

Presiden Jokowi, kata dia, akan menanyakan ke Kahiyang apakah dirinya siap menikah dengan Bobby. Kemudian, Kahiyang akan minta persyaratan kepada Presiden Jokowi, syarat melestarikan jejodohan. 

"Midodareni itu pasrah tinampi paningset (seserahan lamaran). Lalu pengantin putri ditanya kesiapanya. Kahiyang lalu minta syarat lestarine jejodphan. Lalu Pak Jokowi mencari syarat Nyai Saroyo Jati yang berwujud kembar mayang. Ini sebagai syarat melestatikan jodoh," kata dia ditemui di depan Gedung Graha Saba Buana Solo pada Senin, 6 November 2017. 

Baca: Lima ICU Mini Disiapkan Selama Pernikahan Kahiyang-Bobby

Usai memberikan kembar mayang, benda tersebut kemudian dibuang di perempatan. Menurut dia, ini sebagai simbolis untuk membuang keburukan. 

Kemudian, acara dilanjutkan doa dan sambutan. "Setelah itu ada penyerahan oleh-oleh," ungkapnya. 

Usai prosesi itu, Kahiyang-Bobby bakal menjalabi akad nikah pada Rabu, 8 November 2017 pagi. Acara resepsi akan dilakakukan pada siang dan malam harinya di Gedung Saba Buana. 





(DMR)