Republik Onthel Berkeliling di Yogyakarta

Patricia Vicka    •    Minggu, 22 Oct 2017 17:09 WIB
sepedakomunitas
Republik Onthel Berkeliling di Yogyakarta
Para peserta Jogja Republik Onthel tengah mengikuti kirab berkeliling Kota Yogyakarta, MTVN - Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Ribuan anggota komunitas pesepeda ontel dari seluruh Indonesia mengikuti kirab berkeliling kota Yogyakarta. Pawai sepedah ontel ini digelar sebagai puncak acara  Jogja Republik Onthel (JRO) 2017. Acara ini digagas oleh Paguyuban Onthel Djogjakarta (Podjok).
 
Ketua JRO 2017, Muntowil, menjelaskan kirab bertujuan mengembalikan kegemaran bersepeda. Padahal dulu, bersepeda merupakan kebiasaan yang mendarah daging di masyarakat, terutama Yogyakarta.
 
“Sekarang kita naik sepeda terasa tidak nyaman dan aman. Hak-hak pesepeda di jalanan sering diambil pengendara lainnya," kata pria yang akrab disapa Towil itu di Benteng Vrede Berg Yogyakarta, Minggu 22 Oktober 2017.
 
Towil menjelaskan kebijakan bersepeda ke kantor dan sekolah pernah digalakkan oleh Walikota Yogyakarta sebelumnya yakni Herry Zudianto. Sayangnya usai ganti wali kota, kebijakan ini melempem dan malah semakin ditinggalkan. 

Ia berharap Pemerintah Kota Yogyakarta mau menambah fasilitas umum untuk para pengendara sepeda. Diantaranya menambah jalur sepedah dan ruang tunggu sepeda di lampu merah, menyiapkan tempat parkir sepeda, menempel rambu-rambu sepeda di jalan, serta mengkampanyekan ajakan bersepeda.

(RRN)