TMMD Kendal Bantu Warga Bangun Jalan

Iswahyudi    •    Kamis, 05 Oct 2017 16:46 WIB
tni
TMMD Kendal Bantu Warga Bangun Jalan
TNI dan warga gotong royong melakukan pengerasan jalan di Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kendal, Jawa Tengah -- MTVN/Iswahyudi

Metrotvnews.com, Kendal: Kodim 0715 Kendal mengerjakan pengerasan jalan sepanjang 1.550 meter di Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kendal, Jawa Tengah. Hal ini dalam rangka program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-100.

Anggota TNI juga membuat pos kampling, bedah rumah, pembuatan gorong-gorong, dan membangun jamban di Desa Jungsemi. Seluruh pembangunan infrastruktur tersebut ditargetkan selesai satu bulan dengan menerjunkan 100 personel.

"Dengan adanya TMMD, warga Jungsemi bisa terangkat perekonomianya. Jika pengerasan jalan selesai, petani bisa dengan mudah mengangkut hasil panennya," kata Kepala Desa Jungsemi Dasuki, Kamis 5 Oktober 2017.

Desuki menjelaskan, selama ini petani Desa Jungsemi selalu mengeluarkan biaya lebih untuk mengangkut hasil panen dari sawah. Pasalnya, jalan utama di desa tersebut masih berupa tanah dan tidak bisa dilalui kendaraan setiap kali turun hujan.

Suroyo, warga Desa Jungsemi, mengaku senang dengan adanya pengerasan jalan desa oleh TNI. "Usaha jadi lancar, kami mudah membawa hasil pertanian," tuturnya.

Selain pembangunan, juga akan diadakan penyuluhan ke warga mulai penyuluhan kesehatan, kesadaran berbangsa dan bernegara, tentang narkoba, juga wawasan kebangsaan. "Keseimbangan fasilitas umum dan mental masyarakat harus sebanding lurus. Sehingga TMMD melakukan keduanya," jelas Dandim 0715 Kendal Letkol Czi Hendro Edi Busono.

Sebagai informasi, anggaran pelaksanaan TMMD sebanyak Rp1,3 miliar. Sumber biaya yang digunakan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tingkat I sebesar Rp160 juta, APBD tingkat II Rp1,1 miliar, dan swasembada masyarakat Rp40 juta.


(NIN)