Jepara Hasilkan 19.375 Pemburu Kerja Hingga November 2017

Rhobi Shani    •    Jumat, 24 Nov 2017 18:23 WIB
pengangguran
Jepara Hasilkan 19.375 Pemburu Kerja Hingga November 2017
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Jepara: Kabupaten Jepara 'melahirkan' puluhan ribu pencari kerja baru tiap tahunnya. Hingga 23 November 2017 saja, ada 19.375 pencari kerja baru yang terdaftar di Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Jepara.

Kasi Penempatan Perluasan Kesempatan Kerja dan Pelatihan Produktifitas Amrina Rosyida  menyampaikan, angka itu dilihat berdasarkan pencari kartu Angkatan Kerja 1 (AK 1) yang dilayani oleh Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Jepara,

“Jumlah tersebut terlepas dari yang sekarang mencari kerja (di Bursa Kerja). Karena jika dipersyaratkan AK 1 maka kami akan cukup kewalahan untuk pelayanannya,” tandas Amrina, Jumat, 24 November 2017.

Karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara membuka bursa kerja bagi para pencari kerja. Sebanyak 5.374 lowongan kerja dari 20 perusahaan mengikuti Job Fair di Aula Maribu Resto dari Jumat sampai Sabtu, 24-25 November 2017.

Ribuan lowongan tersebut berasal dari perusahaan tekstil, perbankan, retail dan jasa. Adapula lowongan kerja di pabrik furnitur. “Perusahaannya juga bukan hanya beralamat di Jepara saja, adapula yang berasal dari Semarang, Blora, Solo, Kudus dan Jakarta,” kata Amrina.

Dikatakan Amrina, antusiasme pelamar kerja pada kegiatan tersebut cukup besar. Jumlah pencari kerja yang telah mendaftarkan diri mencapai lebih dari 500 orang. Dia memperkirakan, jumlah pelamar di hari terakhir pameran akan lebih banyak.

“Kami menargetkan setidaknya ada 2.000 orang pelamar kerja. Namun kemungkinan bisa melebihi angka tersebut, mengingat hari ini saja sudah hampir 1.000 pelamar,” ungkap Amrina.

Seorang pencari kerja, Desta mengaku terbantu dalam usahanya mencari lowongan. Pada job fair kali ini, dia telah memasukan tiga lowongan di perusahaan yang berbeda.

“Saya tadi memasukan tiga lamaran, dua di perusahaan tekstil satunya di perusahaan furniture,” ungkap Desta yang mengaku sudah tiga kali mengikuti ajang pencarian pekerjaan serupa di Jepara.


(SUR)