Pemkab Brebes Berencana Utang Bank untuk Bangun Infrastruktur

Kuntoro Tayubi    •    Kamis, 14 Dec 2017 17:10 WIB
pemdaapbd
Pemkab Brebes Berencana Utang Bank untuk Bangun Infrastruktur
Bupati Brebes Idza Priyanti saat memantau proyek pekerjaan jalan yang merupakan bagian pembangunan infrastruktur di Brebes, Jawa Tengah -- medcom.id/Kuntoro Tayubi

Brebes: Alokasi Aanggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018 Dinas Pekerjaan Umun (DPU) Kabupaten Brebes turun jadi Rp20 miliar. Akibatnya, Brebes nihil pembangunan infrasatruktur pada 2018.

Bupati Brebes Idza Priyanti mengatakan pihaknya akan menjajaki penggunaan anggaran dari sumber lain, termasuk utang dari bank daerah. "Kami berupaya tetap membangun infrastruktur di Brebes. Pada 2018 akan menjadi tahun pertama penggunaan biaya pinjaman dari bank daerah untuk membangun sejumlah infrastruktur di Brebes," kata dia di Brebes, Jawa Tengah, Kamis, 13 Desember 2017.

Menurut Idza, kebijakan penggunaan anggaran dari berbagai sumber rencananya diterapkan lima tahun ke depan. Hal ini menyusul ditingkatkannya volume pembangunan infrastruktur yang membutuhkan pembiayaan besar.

"Lima tahun ke depan merupakan periode kedua kepemimpinan saya dengan Pak Narjo. Pembangunan infrastruktur akan lebih ditingkatkan volumenya. Dengan demikian, kebutuhan anggaran daerah akan semakin besar," ungkapnya.

Idza menjelaskan, syarat yang harus dipenuhi agar mendapat pinjaman dari bank daerah adalah adanya Perda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah dan persetujuan DPRD. "Misalnya pembangunan lanjutan RSUD Brebes, bisa menggunakan uang dari pinjaman bank daerah. Tapi, pinjaman itu tidak melalui APBD, melainkan langsung melalui BLUD RSUD Brebes," paparnya.

Kepala Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan Daerah (DPPKD) Djoko Gunawan menambahkan,anggara APBD Brebes 2018 sudah tidak lagi devisit. Sementara, devisit pada 2017 telah ditutup dalam anggaran perubahan.

Selain dari APBD kabupaten, juga bisa mengandalkan Dana Alokasi Khusus (DAK) serta bantuan Gubernur Jateng. Pada 2018, DAK juga turun Rp19 miliar. Sedangkan, bantuan gubernur hingga kini masih menunggu.

"Jika mengacu 2017, Pemkab Brebes mendapatkan bantuan gubernur Rp75 miliar," tutup Djoko.


(NIN)