Pernikahan Kahiyang-Bobby

Hotel dan Rental Mobil Yogyakarta Kecipratan Rezeki

Patricia Vicka    •    Selasa, 07 Nov 2017 20:42 WIB
jokowi mantupernikahan kahiyang-bobby
Hotel dan Rental Mobil Yogyakarta Kecipratan Rezeki
Petugas memasang foto putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu (kanan) dengan Bobby Nasution (kiri) saat menyelesaikan dekorasi pernikahannya di Gedung Graha Saba, Solo, Jawa Tengah. Foto: Antara/Maulana Surya

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pengusaha hotel dan rental mobil di Yogyakarta ikut kecipratan rezeki pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, dengan Bobby Nasution.  Permintaan akan hotel dan rental mobil melonjak tiga hari jelang pernikahan keduanya.

Ketua Perhimpunan Hotel dan restauran Indonesia (PHRI) DIY Istijab Danunagoro mengatakan tingkat hunian hotel meningkat 10 persen mendekati pesta pernikahan Boby - Kahiyang.

"Bisanya bulan sekarang tingkat okupansi lagi 40- 60 persen. tapi sekarang jadi 50- 70 persenan. Kebanyakan diisi tamu-tamu Presiden Jokowi," ujar Istijab melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Selasa 7 November 2017.

Peningkatan terjadi sejak Senin 6 November hingga Kamis 9 November 2017. Walaupun letak Malioboro jauh dari perbatasan Jawa tengah, namun kawasan ini masih menjadi favorit para tamu undangan. "Mereka mungkin sekalian wisata. Jadi pilih di sekitar Malioboro. Atau mentok di Hotel Royal Ambarukmo,"

Berdasarkan informasi dari anggota PHRI DIY, tamu undangan yang berasal dari kalangan pejabat dan orang berduit memilih menginap di hotel bintang 3 ke atas. Sementara para relawan dan simpatisan PDIP memilih hotel bintang 1 atau 2 atau non bintang.

Ia mengakui walau meningkat, namun  jumlah tamu yang menginap di Yogyakarta lebih sedikit dibandingkan pernikahan Gibran- Selvi. "Sekarang di Solo sudah banyak hotel bagus dna hotel berbintang. Jadi tamu yang menginap di Yogyakarta enggak seramai dulu,"pungkasnya.

Sementara itu permintaan sewa mobil turut meningkat. Ketua Asosiasi Pengusaha Persewaan Kendaraan Yogyakarta (APPKY), Nanang Tri Widyatmoko menjelaskanl peningkatan hanya terjadi pada mobil mahal dan mewah saja.

"Sudah ada ratusan yang disewa. Kebanyakan yang disewa mobil mahal seperti Toyota Camry,dan Pajero atau Mercedez-Benz,"beber Nanang.

Pihak yang menyewa pun beragam, seperti pejabat, politikus, kepala daerah dan anggota DPR. Namun ia enggan menyebutkan nama pejabat yang menyewanya.


(SUR)