DKPP Jepara Segera Kucurkan 30 ton Beras untuk Nelayan

Rhobi Shani    •    Minggu, 24 Dec 2017 18:52 WIB
nelayan
DKPP Jepara Segera Kucurkan 30 ton Beras untuk Nelayan
Ilustrasi beras. Foto: Medcom.id/Kuntoro Tayubi

Jepara: Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mempersiapkan 30 ton beras untuk dibagikan kepada nelayan. Beras cadangan pangan itu membantu kebutuhan pangan nelayan yang tak bisa melaut selama musim angin barat.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan DKPP Sujimo beras cadangan pangan Kabupaten Jepara tahun ini hanya 34 ton. Jumlah tersebut terbilang masih kurang untuk mencukupi 11.128 kepala keluarga nelayan karena sebagian akan dikirim ke warga di kepulauan Karimunjawa.

“Untuk Karimunjawa 8 ton, itu sesuai dengan jumlah permintaan pihak kecamatan, sisanya 26 ton untuk nelayan,” ujar Sujimo, Minggu 24 Desember 2017.

Bantuan beras cadangan pangan yang akan dibagikan kepada nelayan rencananya sebanyak 30 ton. Kekurangan 4 ton dimintakan kepada pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

"Permintaan cadangan beras bisa dari provinsi. Sedangkan kalau meminta dari Bulog, harus ada situasi tertentu seperti darurat kebencanaan," ungkap Sujimo.

(Baca: Tak Melaut Sepekan, Nelayan Bergantung Utang)

Bantuan beras cadangan pangan sebanyak 4 ton akan disalurkan pada masyarakat nelayan Desa Karangaji. Sisanya, akan disalurkan kepada keluarga nelayan di Bumi Kartini melalui Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Jepara.

"Dari HSNI disetorkan kepada desa lalu dibagikan kepada penerima," kata Sujimo.

Sujimo menambahkan, pihaknya tahun ini mengaku menerima permohona bantuan beras cadangan pangan dari HSNI sebanyak 62 ton. Tahun 2016, pihaknya mengucurkan bantuan beras nelayan sebanyak 56 ton untuk 11 ribu nelayan. Sebanyak 40 ton dari DKPP Jepara, 4 ton dari Pemprov Jateng, dan 5 ton dari Dinsospermades Jepara.


(SUR)