Pejabat Imigrasi Yogya jadi Tersangka Pungutan Liar

Ahmad Mustaqim    •    Senin, 07 Nov 2016 19:03 WIB
pungutan liar
Pejabat Imigrasi Yogya jadi Tersangka Pungutan Liar
Kantor Imigrasi Klas I Yogyakarta. (Metrotvnews.com/Patricia Vicka)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) DI Yogyakarta menetapkan seorang petugas Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta sebagai tersangka, Senin (7/11/2016).

Pejabat Imigrasi berinisal BDP itu bertugas pada bidang pengawasan dan penindakan keimigrasian di kantor yang berada di Jalan Solo Km 10, Sleman, DIY.

Dia terbukti melakukan pungli dalam pengurusan paspor. "Kami tetapkan satu pejabat Kantor Imigrasi Yogyakarta sebagai tersangka," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda DIY Komisaris Besar Antonius Pujianito, di Mapolda DIY.

Ia menjelaskan, tim Satgas Saber Pungli menyita barang bukti uang Rp11.550.000, lima buah gawai, serta sejumlah dokumen.

Menurut Pujianto, pejabat itu memudahkan pengurusan paspor dengan memungut imbalan. (Baca: Cegah Pungli, Ruang Wawancara Imigrasi Yogyakarta Dibuat Terbuka)

"Tim telah menggeledah pada Jumat (4 November), serta memeriksa delapan saksi. Setelah pemeriksaan, kita tetapkan seorang pejabat sebagai tersangka," kata dia.

Pihaknya mengaku masih mendalami kasus itu. Pendalaman termasuk durasi tindakan pungli serta berapa jumlah korbannya. Di tengah pendalaman kasus, lanjut Pujianito, pejabat tersebut dikembalikan ke institusinya lantaran ancaman hukuman kurang dari tiga tahun.

"Tapi pemberkasan tetap jalan terus. Kami juga tegaskan pemberantasan pungli tak hanya di luar kepolisian, tapi juga diinternal Polri," ungkapnya.


(SAN)