NasDem Telusuri Jejak Kasus Calon Kepala Daerah di Kejaksaan

   •    Kamis, 15 Sep 2016 16:40 WIB
pilkada serentak
NasDem Telusuri Jejak Kasus Calon Kepala Daerah di Kejaksaan
Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com)

Metrotvnews.com, Semarang: Partai NasDem Jawa Tengah menelusuri rekam jejak dugaan kasus hukum yang menjerat Wakil Bupati Jepara Subroto di Kejaksaan Tinggi dan Polda Jateng.

Subroto merupakan salah satu kandidat yang bakal diajukan NasDem dalam Pilkada Serentak 2017. "Kami minta bantuan kejaksaan, kami juga akan ke polda," kata Ketua Partai NasDem Jateng Setyo Maharso, dikutip Antara, di Semarang, Kamis (15/9/2016).

Setyo mengungkapkan itu usai bertemu Kepala Kejati Jateng Sugeng Pudjianto.

Menurut dia, Partai NasDem akan ikut mengusung bakal calon kepala daerah dalam tujuh pilkada serentak pada 2017. Nama-nama bakal calon kepala daerah tersebut, lanjut dia, akan dimintakan informasi ke kejaksaan dan kepolisian untuk mengetahui rekam jejak kasus hukum yang kemungkinan menjeratnya.

Dari tujuh bakal calon yang diusung, kata Setyo, baru tiga yang sudah pasti. "Yang empat belum clear," katanya.

Ketiga daerah tersebut, masing-masing, Kabupaten Jepara untuk pasangan Subroto-Nur Yahman; Kota Salatiga pasangan Yulianto-Muh Haris; dan Kabupaten Banjarnegara pasangan Hadi Supeno-Nur Heni.

Ia berharap kejaksaan memberi informasi jika ada bakal calon yang dinilai bermasalah. Pihaknya akan meninjau ulang kalau ada bakal calon yang diusung tidak bermanfaat bagi masyarakat.

Kajati Sugeng Pudjianto menyatakan siap membantu Partai Nasdem. Kejati bakal meminta bantuan kejari jajaran di Jateng.

"Kami punya data lengkap, kami juga akan minta bantuan semua pihak, seperti para kajari dalam penelusuran itu," katanya.

Sebelumnya, Wakil Bupati Jepara Subroto telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penipuan dan penggelapan pembelian tanah senilai Rp5 miliar. Perkara tersebut ditangani Polrestabes Semarang.

 


(SAN)