Di Konferensi Pendidikan Islam, Habibie: Iman Saja tak Cukup

Pythag Kurniati    •    Senin, 10 Oct 2016 14:42 WIB
pendidikan
Di Konferensi Pendidikan Islam, Habibie: Iman Saja tak Cukup
BJ. Habibie usai meresmikan International Islamic School Alliance (ITTISHAL) di Kota Solo, Jawa Tengah, Senin (10/10/2016).

Metrotvnews.com, Solo: Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ. Habibie meresmikan Aliansi Pelajar Islam Internasional (International Islamic School Alliance/Ittishal) di Kota Solo, Jawa Tengah, Senin, 10 Oktober.

Habibie memaparkan tiga elemen sebagai bekal menghadapi persaingan global sumber daya manusia. "Tiga elemen tersebut adalah budaya, agama serta ilmu pengetahuan dan teknologi. Itulah penentu produktivitas," ujarnya.

Pemegang 46 paten bidang teknologi penerbangan itu menerangkan, sinergi positif ketiganya akan menghasilkan sumber daya manusia yang berdaya saing dan unggul. Iman dan takwa menjadi satu elemen penting membentuk SDM.

"Namun, imtak (iman dan takwa) saja tidak cukup, perlu budaya dan iptek," paparnya.

Ittishal yang beranggotakan 20 sekolah Islam dari Asia, Eropa dan Afrika, lanjutnya, dapat menjadi pintu gerbang sinergi positif. "Semakin banyak pengalaman dan pikiran yang bisa dibagi bersama di sini," kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, Habibie menyampaikan pesan bagi pendidikan Islam, khususnya di Indonesia. "Berjuang, bekerja sama dan bersinergi positif. 24 jam hendaknya terus dimanfaatkan untuk masa depan bangsa yang cerah," tutupnya.

Selain meresmikan pendirian Ittshal, Habibie juga membuka konferensi internasional pendidikan Islam. Konferensi yang berlangsung 10-12 Oktober itu mengambil tema The Improvement of Education Quality and Learning Process to Face the Recent Challenges.


(SAN)