DPD Golkar DIY: Kader Minta Novanto Mundur dari Jabatan Ketum

Ahmad Mustaqim    •    Sabtu, 18 Nov 2017 08:52 WIB
setya novanto
DPD Golkar DIY: Kader Minta Novanto Mundur dari Jabatan Ketum
Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto, AP - Tatan Syufiana

Yogyakarta: Pengurus DPD Partai Golkar DIY mengharapkan Setya Novanto mundur dari jabatannya sebagai ketua umum partai. Kader-kader di daerah menilai keputusan itu sebagai bentuk kerendahan hati Novanto. 

"Sebetulnya banyak kader di daerah berharap dengan segala kerendahan hati memohon Pak Novanto mempertimbangkan, dengan kelegowoan hati, demi kejayaan, dan kebesaran partai kalau bisa beliau memgundurkan diri itu lebih bagus," ujar Wakil Ketua Pemenangan Pemilu Partai Golkar DPD DIY, Johanes Serang Keban melalui sambungan telepon pada Jumat, 17 November 2017. 

Secara struktural, menurut Keban, pengurus DPD Golkar DIY melakukan rapat terkait kasus yang membelit Setnov. Ia menyebutkan, aspirasi kader partai mengharapkan Setnov legowo mundur demi kepentingan partainya. 

"Kita harapkan agar semua berjalan baik. Kita menghormati asa praduga rak bersalah tetapi opini politik tidak bisa dihindarkan. Kasus penolakan (menyerahkan diri) ini akan membuat pisisi partai Golkar menjadi sulit," ungkapnya. 

Ia meminta Setnov kooperatif dalam menjalani proses hukum. Meskipun, pihaknya menghargai asas praduga tak bersalah. Namun demikian, kata Keban, opini politik tidak bisa dihindari karena terkait dengan eksistensi politik partai Golkar. 

"Dengan demikian, kalau kasus hukum ini berlarut-larut maka akan membuat poisisi politik partai golkar semakin sulit ke depan," ungkapnya. 

Ia menambahkan, Golkar mengharapkan perbaikan kepemimpinan dari kasus Setnov. Meskipun, ia mengakui pergantian kepemimpinan harus musyawarah nasional luar biasa. 

"Jadi saya kira arahnya kesana. Tidak ada jalan lain yakni melalui Munaslub, harus melalui itu," kata dia. 


(RRN)