Liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018

Berikut Titik Kemacetan di Kota Yogyakarta saat Liburan Akhir Tahun

Patricia Vicka    •    Rabu, 20 Dec 2017 19:29 WIB
natal dan tahun baru
Berikut Titik Kemacetan di Kota Yogyakarta saat Liburan Akhir Tahun
Tugu Yogyakarta. Foto: MTVN/Ahmad Mustaqim

Yogyakarta: Sejumlah ruas jalan diprediksi akan dipadati kendaraan wisatawan saat liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 yang jatuh pada 23 Desember-25 Desember 2017 dan dilanjutkan pada 30 Desember 2017-2 Januari 2018. Sejumlah rekayasa dan antisipasi kemacetan disiapkan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta

Kepala Bidang Lalu lintas Dishub Yogyakarta Golkari Made Yulianto menjelaskan ruas jalan yang akan macet berada di dekat Tugu Yogyakarta yakni Jalan AM Sangaji, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Diponegoro, dan Jalan Mangkubumi.

“Juga di ruas jalan di sekitar kawasan Malioboro dan titik nol kilometer (km) yakni Jalan Abu Bakar Ali, Jalan Mataram, Jalan Ahmad Dahlan, Jalan Panembahan Senopati, dan Jalan Sultan Agung,” kata Golkari di Yogyakarta, Rabu 20 Desember 2017.

Sejumlah rekayasa lalu lintas dan lampu Apil (Lalu lintas) untuk mengurangi kepadatan yakni memasang pagar pembatas di tengah-tengah jalan serta memasang rambu-rambu petunjuk tambahan terutama rambu menuju jalan alternatif.

“Mulai pasang hari ini pembatas jalan (barrier) dan rambu-rambunya. Supaya tidak ada yang sembarangan memutar arah atau menyebarang jalan,” katanya.

Pembatas dipasang di jalan Abu Bakar Ali, Jalan Mataram dan Jalan Jendral Sudirman.

Ia mengimbau kepada warga Kota Yogyakarta yang tidak berkepentingan untuk menghindari kawasan Malioboro, Tugu Yogyakarta dan titik nol. Wisatawan yang hendak melintas di Daerah Istimewa Yogyakarta disarankan tidak melewati Kota Yogyakarta dan mencari jalan alternatif.

Untuk mengurangi volume kendaraan yang masuk ke Kota Yogyakarta, Dishub juga akan merekayasa durasi lampu lalu lintas di daerah perbatasan. Lampu merah di daerah yang menuju Kota Yogyakarta akan diperlama untuk menekan jumlah kendaraan yang masuk.

Sementara lampu hijau yang menuju daerah luar kota Yogyakarta akan diperlama untuk membuang kendaraan keluar Kota. “Intinya disetel yang mau masuk ke kota Yogyakarta dikurangi. Yang mau keluar dari Kota diperbanyak,” pungkasnya.

Dishub Kota Yogyakarta akan menerjunkan 80 personel untuk siaga mengatur lalu lintas saat Natal dan malam tahun baru. Mereka akan membantu kepolisian untuk mengurai kemacetan di lokasi wisata Malioboro dan titik nol km.


(SUR)