Erupsi Gunung Agung

Penerbangan Yogyakarta-Denpasar Mulai Normal

Ahmad Mustaqim    •    Kamis, 30 Nov 2017 12:42 WIB
gunung berapierupsi gunungerupsi gunung agung
Penerbangan Yogyakarta-Denpasar Mulai Normal
Sejumlah calon penumpang memadati terminal keberangkatan Bandara Adisucipto, Sleman, DI Yogyakarta. Foto: Antara / Hendra Nurdiyansyah

Yogyakarta: Layanan penerbangan di Bandara Adisutjipto Yogyakarta tujuan Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Bali kembali dibuka pada Kamis, 30 November 2017. Aktivitas penerbangan tujuan Denpasar mulai normal walau sempat berhenti akibat erupsi Gunung Agung, Karangasem, Bali.

Humas PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Liza Anindya mengatakan penerbangan tujuan Denpasar telah dibuka sejak Kamis pagi. Tujuh jadwal penerbangan tujuan Denpasar diperkirakan berjalan sesuai jadwal.

Tujuh jadwal penerbangan itu pada pukul 07.40 WIB, 07.50 WIB, 10.40 WIB, 15.10 WIB, 15.30 WIB, 19.55 WIB, dan pukul 18.30 WIB. "Tujuh itu jadwal penerbangan ke Denpasar," ujar Liza dihubungi pada Kamis, 30 November 2017.

Meski rute penerbangan telah dibuka, tak semua maskapai melakukan penerbangan. AirAsia dan Lion Air membatalkan jadwal penerbangan. Ia belum mengetahui pasti alasan pembatalan itu.

(Baca: Pesawat Mulai Terbang dan Mendarat di Bandara Ngurah Rai)

Menurutnya, otoritas Bandara Adisutjipto terus memantau situasi penerbangan tujuan ke Denpasar. Hal tersebut juga menyesuaikan kondisi penerbangan di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

"Enam jam sekali ada pemantauan," kata dia.

Penerbangan dari Yogyakarta tujuan Denpasar ditutup sejak Senin-Selasa, 27-28 November 2017. Hal ini berkaitan ancaman abu vulkanik yang dimuntahkan ke udara saat erupsi Gunung Agung terjadi. Dalam dua hari itu, sekitar 15 jadwal penerbangan dibatalkan dan mengakibatkan 1.123 calon penumpang gagal terbang. ,

Pada Rabu, 29 November 2017, ada sekitar 14 jadwal penerbangan tujuan Denpasar juha dibatalkan. Sementara, satu jadwal penerbangan dialihkan.

 


(SUR)