Tiga Rumah di Bantul Roboh karena Hujan

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 29 Nov 2017 08:13 WIB
cuaca ekstrem
Tiga Rumah di Bantul Roboh karena Hujan
Ilustrasi: Hujan deras. Foto: MTVN/Mohammad Rizal.

Bantul: Tiga rumah di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, roboh. Bangunan ini rusak parah karena hujan deras disertai angin pada Selasa, 28 November 2017.

"Terjadi tiga titik kejadian rumah roboh di beberapa desa wilayah Bantul," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul Dwi Daryanto seperti dilansir dari Antara, Rabu, 29 November 2017.

Berdasarkan data yang dihimpun Pusat Pengendali dan operasional (Pusdalpops) BPBD Bantul, tiga rumah roboh berada di Desa Selopamioro Imogiri dua rumah, dan satu Desa Wukirsari Imogiri. Namun, data ini masih bersifat sementara. Kemungkinan masih ada perubahan data di lapangan.

Hujan disertai angin kencang akibat siklon tropis cempaka ini tidak sampai menimbulkan ada korban jiwa. Pasalnya, saat rumah roboh, penghuni sedang tidak ada di tempat.

Sementara itu, hujan deras juga menyebabkan pohon tumbang di puluhan lokasi. Banjir juga mengenangi beberapa desa wilayah Bantul. Tanah longsor pun menimpa sejumlah bangunan dan fasilitas.

Dwi menjelaskan warga dan komponen penanggulangan bencana telah menangani lokasi kejadian. Mereka membersihkan lokasi, mengevakuasi korban, dan membuka jalan. BPBD Bantul pun mengimbau agar warga meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana.


(OGI)