Polda DIY Lengkapi Petugas di Pos Lebaran dengan Senjata Lengkap

Ahmad Mustaqim    •    Senin, 19 Jun 2017 19:28 WIB
lebaran
Polda DIY Lengkapi Petugas di Pos Lebaran dengan Senjata Lengkap
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X bersama Kapolda DIY Brigadir Jenderal Ahmad Dofiri saat memantau pos Lebaran di Jalan Magelang, Sleman, Yogyakarta -- MTVN/Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Polda Daerah Istimewa Yogyakarta memberikan pengamanan ekstra terhadap pemudik. Selain mendirikan pos pemantauan dan pos pengamanan, aparat juga melengkapi diri dengan pengamanan standar.

Di Pos Teteg dekat Stasiun Tugu Yogyakarta, terlihat polisi bersenjata lengkap bersiaga. "Kita lengkapi sesuai standar. Pos-pos kita lengkapi dengan body sistem," kata Kapolda DIY Brigadir Jenderal Ahmad Dofiri saat memantau pos pengamanan di Yogyakarta, Senin 19 Juni 2017.

Setidaknya, Polda DIY dan Polres setempat membuat 35 pos untuk pengamanan maupun pelayanan yang tersebar di seluruh wilayah DIY. Rincian dari keberadaan pos tersebut, di antaranya Polresta Yogyakarta (enam pos); Polres Sleman (tujuh pos); Polres Bantul (delapan pos); Polres Gunungkidul (tujuh pos); dan Polres Kulon Progo (tujuh pos).

Dofiri berharap, aktivitas pemudik di DIY ataupun yang sekadar melintas tak menemui halangan dan berjalan lancar. "Harapan kami, pemudik bisa merasakan kenyamanan. Jalanan juga sudah bagus. Jembatan Sorogenan (di Jalan Solo yang berdekatan dengan Bandara Adisutjipto) juga sudah bagus," katanya.

Usai arus mudik lebaran, tambah Dofiri, polisi akan berganti fokus pada pengamanan jalur-jalur wisata di Yogyakarta. Sejumlah jalur wisata bakal dijadikan satu arah agar tidak terjadi penumpukan kendaraan.

"Pengaturan jalur situasional. Kita juga antisipasi penjagaan Malioboro yang rawan copet," ungkapnya.

Gubernur DIY Sri Sultan Hemengku Buwono X berharap, arus mudik Lebaran 2017 berlangsung aman dan nyaman. Ia meminta kesiapsiagaan aparat selama bertugas di lapangan.

"Para pemudik jika lelah segera istirahat. Kalau memerlukan bantuan atau ada sesuatu, segera kontak petugas yang terdekat," ujar Sultan.


(NIN)