Pengujung Obyek Wisata Kalisuci di Gunungkidul Dibatasi

Ahmad Mustaqim    •    Jumat, 19 May 2017 18:56 WIB
wisata
Pengujung Obyek Wisata Kalisuci di Gunungkidul Dibatasi
Seorang wisatawan saat melompat ke sungai bawah tanah di Kalisuci. (MTVN-Ahmad Mustaqim)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Wisatawan yang berkunjung di obyek wisata alam Kalisuci di Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, bakal dibatasi. Sejumlah faktor penting menjadi alasan pengelola untuk membatasi kunjungan wisatawan itu. 

Pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat, Yanto, menuturkan, wisatawan yang berkunjung di wisata goa yang terdapat sungai bawah tanah itu dibatasi maksimal hingga 250 orang per hari. Jika biasanya kunjungan lebih dari itu, pengelola saat ini tak bersedia melayani. Menurutnya, salah satu pertimbangannya untuk menjaga ekosistem di dalam goa. 

"Bagi rombongan wisatawan yang hendak melakukan cave tubing, maksimal per rombongan 20 orang bisa dengan durasi waktu 20 menit," kata Yanto pada Jumat, 19 Mei 2017. 

Saat melakukan susur goa itu, pengelola memberikan sejumlah peralatan untuk keselamatan dengan tarif Rp70 ribu dan dipandu pemandu profesional. Jarak tempuh goa dengan sungai bawah tanah yang disusuri yakni 700 meter. 

Selain goa Kalisuci, wisatawan juga bisa diajak melintas di Luweng Glatik, goa Glatik, serta Luweng Gelung. "Kalau semua mau disusuri, kira-kira makan waktu hampir dua jam," kata Yanto. 

Setidaknya, ada 40 warga sekitar yang terlibat dalam pengelolaan wisata alam ini. Menurut Yanto, dengan ramainya pengunjung, khususnya akhir pekan, bisa mendorong perbaikan perekonomian warga sekitar. 

Seorang pengurus wisata Kalisuci, Santoso menambahkan, pembatasan wisatawan telah ditentukan sesuai standar keamanan yang dilakukan pengelola. Baik untuk lokasi wisata, wisatawan maupun pengelola. 

"Kami tidak mau memburu uang tapi merusak ekoamsistem alam. Bagi kami, alam yang indah di sini anugerah yang harus dijaga," tambahnya. 

Seorang wisatawan mancanegara, Eby mengaku baru sekali berwisata di Kalisuci. "Tempat ini indah sekali. Pemandangannya bagus," kata wisatawan berpaspor Filipina ini. 


(ALB)