Bawa Rokok Lebih 1 Slof Denda Rp35 Juta

Pythag Kurniati    •    Selasa, 01 Aug 2017 14:57 WIB
haji 2017
Bawa Rokok Lebih 1 Slof Denda Rp35 Juta
Koper calon haji di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jateng. (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Boyolali: Pemerintah Arab Saudi membatasi jumlah rokok yang dibawa calon haji. Satu orang hanya diperbolehkan membawa 200 batang atau satu slof rokok.

Kasubag Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, Badrus Salam, mengatakan sanksi mulai diberlakukan pada musim haji tahun ini.

Bagi calon haji yang membawa rokok lebih dari 200 batang akan dikenai denda. "Dendanya sekitar 10 ribu riyal atau setara dengan Rp35 juta," ujar dia saat ditemui di Embarkasi Haji Donohudan, Selasa, 1 Agustus 2017.

Dia mengklaim telah menyosialisasikan aturan itu ke para calon haji. Makanya, banyak calon tamu Allah yang melapor dengan kesadaran pribadi. "Mereka mengakui membawa rokok lebih dari satu slof, rata-rata bawa dua slof," imbuh Badrus.

Hingga saat ini, tercatat ada 36 calon haji yang membawa rokok melebihi ketentuan dalam kopernya. Seluruh rokok yang ditemukan hingga hari ini berjumlah 73 slof.

"Ada yang melapor dan ada yang diketahui  dari pemeriksaan X-Ray. Kebanyakan satu calon haji membawa dua slof," ujar dia.

Hingga saat ini sebanyak 18 kloter jemaah calon haji Jawa Tengah DIY telah masuk ke Asrama Haji Donohudan. Yang telah berangkat 4.992 calon haji. Jumlah tersebut terbagi dalam 14 kelompok terbang (kloter).


(SAN)