Tol Brebes-Pemalang Ditargetkan Rampung Awal 2018

Kuntoro Tayubi    •    Senin, 31 Jul 2017 20:15 WIB
jalan tol
Tol Brebes-Pemalang Ditargetkan Rampung Awal 2018
Kondisi Tol Brebes-Pemalang (Metrotvnews.com /Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Tegal: Jalan tol Trans Jawa seksi 3 dan 4 atau Brebes-Pemalang diatrgetkan selesai pekerjaannya 100 persen pada awal tahun 2018 mendatang. Jalan sepanjang 37 kilometer (km) itu akan difasilitasi 2 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan 2 rest area. 

PT Waskita Karya selaku pelaksana proyek Jalan Tol Trans Jawa, mengatakan, rest area akan ditempatkan di sekitar Desa Lebeteng Kecamatan Tarub dan wilayah Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal. Sedangkan untuk pintu keluar tol dan pintu masuk tol akan dipusatkan di Desa Kalimati Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal.

"Sesuai rencana awal, exit tol di Desa Kalimati. Itu cuma ada satu saja," kata Humas PT Waskita Narendra Aryo Bramastyo, Senin, 31 Juli 2017.

Tio sapaan akrabnya ini bilang, proses pembangunan jalan tol diawali dengan pemadatan tanah, lalu diuruk dengan agregat atau kerikil, kemudin di Lean Concrete (LC). Ketinggian LC sekitar 30 sentimeter. Setelah itu, dilanjutkan dengan pengaspalan. Sedangkan LC yang digunakan untuk fungsional pada saat mudik lebaran kemarin, sudah dibongkar.

"Beton LC yang kemarin (pada saat mudik lebaran) cuma untuk darurat saja, sekarang sudah dibongkar," ujarnya.

Sementara untuk jembatan layang darurat yang berada di Desa Karangjati, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal akan dibongkar awal Agustus ini. Pembongkaran dilakukan malam hari supaya tidak mengganggu pengendara. Apalagi mengingat jembatan itu berada di ruas jalan Balamoa-Kemantran. Pembongkaran dilakukan selama 6 jam.

"Pembongkaran dilakukan diatas jam sepuluh malam. Nanti kita akan koordinasi dengan Polres," kata Tio.

Tio menambahkan, tanah milik warga Desa Karangjati, Kecamatan Tarub yang pernah digugat di pengadilan, kini sudah selesai. Tanah sebanyak 4 bidang yang digunakan untuk jalan tol itu, sudah dibayar dengan cara konsinyasi. "Pembayaran diserahkan ke pengadilan. Gugatannya ditolak," ucapnya.


(ALB)