Akan Ada Fasilitas Sepeda Gratis di Malioboro

Patricia Vicka    •    Selasa, 15 Nov 2016 17:32 WIB
fasilitas umum
Akan Ada Fasilitas Sepeda Gratis di Malioboro
Jalan Malioboro. Foto: Antara/Noveradika

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pemda DIY tengah menyiapkan fasilitas sepeda gratis bagi para pengunjung dan wisatawan Malioboro. Sepeda gratis ini bisa dipinjam publik sebagai transportasi menyusuri kawasan Malioboro.

Kepala UPT Malioboro Syarif teguh menjelaskan sepeda gratis akan diletakkan di beberapa titik di pedestrian sisi timur jalan Malioboro. Di tahap awal akan ada 20-30 sepeda yang bisa dipinjam. 

Warga atau pengunjung yang hendak meminjam tinggal melapor ke petugas jaga dan mengambil sepeda dari tempat parkir. 

"Siapa pun bisa meminjam 24 jam. Tak perlu pakai prosedur yang ribet. Nanti diawal akan ditaruh di depan kantor Dinas Pariwisata," ujar Syarif, melalui sambungan telepon, di Yogyakarta, Selasa (15/11/2016).

Pemda DIY juga menyiapkan tempat parkir portabel sepeda di beberapa titik.


Spesifikasi sepeda yang akan ada di Jalan Malioboro. Foto: Metrotvnews.com/Vicka

Syarif tak khawatir sepeda akan dicuri orang, sebab para pasukan pengamanan Malioboro (Jogoboro) akan dikerahkan untuk mengawasi keberadaan sepeda. 

"Bentuk sepeda juga kami pilih yang unik dan berbeda dibanding yang lain, sehingga bisa langsung dikenali. Akan ditempeli tulisan Sepeda Publik Malioboro," ujar dia.

Sepeda gratis disiapkan sebagai respon atas keluahan warga dan wisatawan yang lelah mengeliling Maliboro dengan berjalan kaki. Sepeda gratis mulai bisa dipinjam sekitar awal Desember 2016, usai proyek revitalisasi Malioboro rampung.

"Dana sepeda ini diambil dari danais Rp70-80 juta," kata dia.


(UWA)