Anak Jalanan Diberi Kambing Biar tak Menggelandang

Iswahyudi    •    Selasa, 08 Nov 2016 17:57 WIB
anak jalanan
Anak Jalanan Diberi Kambing Biar tak Menggelandang
Penyerahan kambing kepada perwakilan anak jalanan di Kaliwungu Selatan, Kendal, Jateng, Selasa (8/11/2016). (Metrotvnews.com/Iswahyudi)

Metrotvnews.com, Kendal: Sebanyak 40 anak jalanan di Kabupaten Kendal mendapat bantuan kambing betina dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah. Bantuan kambing diberikan di Balaidesa Protomulyo, Kaliwungu Selatan.

Tujuan diberikannya bantuan itu, supaya anak jalanan bisa mandiri dan tidak lagi turun ke jalan, kata Kasi Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kendal, Sukamto.

“40 anak jalanan itu mendapat bantuan 20 ekor kambing. Mereka berasal dari Kecamatan Kaliwungu Selatan,” kata Sukamto, Selasa (8/11/16). 

Sukamto mengaku, bantuan berdasarkan permintaan dari masing-masing daerah. Tahun ini yang diajukan Kecamatan Kaliwungu Selatan. Wilayah ini daerah pertanian dan peternakan.
 
“Tahun kemarin kami mengajukan, bantuannya berupa sembako, tahun ini adalah kambing” ujarnya. 

Staf Dinas Sosial Jateng, Sulistianto, dalam penyerahan bantuan tersebut, mengatakan, bantuan berasal dari APBD. Tahun ini, ada 600 anak jalanan yang mendapatkan bantuan. Mereka tersebar di 15 kabupaten kota di Jateng.

Anak jalanan yang mendapat bantuan berusia sekitar 14-18 tahun. Pada usia tersebut masih mudah untuk dibina dan diarahkan agar mandiri dan tidak kembali turun ke jalan.


(SAN)