Polisi Sita 364 Liter Jamu Beralkohol di Solo

Pythag Kurniati    •    Rabu, 05 Oct 2016 14:10 WIB
minuman beralkohol
Polisi Sita 364 Liter Jamu Beralkohol di Solo
Barang bukti 364 liter jamu beralkohol. (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: Kepolisian Sektor Laweyan, Solo, Jawa Tengah menyita 364 liter jamu dari seorang pedagang. Jamu yang dijajakan di Kleco RT 03 RW 15 Kelurahan Pajang itu mengandung alkohol 96 persen.

Pedagang jamu, HRY, 65, mengaku, jamu diracik dengan aneka bahan seperti brotowali, temulawak dan sebagainya. Rempah itu dimasak hingga tiga kali rebusan kemudian dicampur alkohol.

Setiap 20 liter air rebusan rempah, HRY memberi 1 liter alkohol kadar 96 persen yang ia dapatkan di toko-toko kimia. Ia juga menambahkan perisa.

“Ramuan ini bisa tahan satu bulan jika dicampur alkohol. Saya jual dalam kemasan botolan,” katanya, di Mapolsek Laweyan, Rabu (05/10/2016).

HRY mengaku sudah 24 tahun menjual jamu racikannya tersebut. Satu botol kecil dibanderol Rp20 ribu sedangkan botol besar Rp50 ribu.

HRY mengakui bahwa untuk menjual minuman dengan campuran alkohol memerlukan izin. Namun, ia mengatakan pengurusan izin sangat sulit dan berbelit-belit.

“Tidak ada izin dan rekomendasi apapun soal kandungan dan kedaluwarsa. Hanya sebatas pengetahuan penjualnya,” ujar Kapolsek Laweyan, Kompol Agus Puryadi.

HRY dijerat dengan Pasal 489 ayat 1 KUHP. Pelaku akan menjalani siding tipiring di Pengadilan Negeri Solo.


(SAN)