Jalur Antarkabupaten di Kendal Rawan Longsor

Iswahyudi    •    Kamis, 29 Sep 2016 16:09 WIB
longsor
Jalur Antarkabupaten di Kendal Rawan Longsor
Jalan yang menghubungkan Kabupaten Kendal-Semarang, Jateng longsor hampir separuh jalan. (Metrotvnews.com/Iswahyudi)

Metrotvnews.com, Kendal: Titik rawan longsor di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah tersebar di beberapa jalur alternatif. Salah satunya, jalur alternatif menuju Kabupaten Semarang.

Di jalur perbukitan tersebut, terdapat tiga titik longsor. Masing-masing berada di Desa Sumberahayu, Tamanrejo, dan Desa Gondang, Kecamatan Limbangan. 

Satu titik rawan longsor lainnya ada di jalur Kendal-Kabupaten Temanggung. Tepatnya di Desa Pagergunung, Kecamatan Pageruyung.  

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal, Slamet, mengatakan, empat daerah tersebut berada di daerah perbukitan. Selain jalur tersebut, BPBD mencatat dua desa juga masuk wilayah rawan longsor. Yakni, di Desa Tlogopayung dan Desa Cening, Kecamatan Pageruyung.

Karenanya, BPBD Kendal membentuk desa tangguh bencana di dua desa itu. "Sebagai upaya antisipasi jika terjadi bencana tanah longsor,'' kata Slamet, Kamis (29/9/2016).

Selain antisipasi terhadap bencana tanah longsor, BPBD juga menginventarisasi tanggul-tanggul kritis. Dia mengklaim telah memperkuat beberapa tanggul.

Seperti tanggul Kali Kendal, di Kelurahan Kebondalem, Kecamatan Kota Kendal. Lalu, tanggul Kali Blorong di Kecamatan Ngampel. Penguatan tanggul dengan pemberian karung berisi pasir.


(SAN)